Selasa 11 May 2010 19:23 WIB

Ongkos Berobat Kanker di AS Naik Dua Kali Lipat

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Siwi Tri Puji B
Terapi radiologi untuk kanker. Ilustrasi
Foto: Typesoftumors
Terapi radiologi untuk kanker. Ilustrasi

ATLANTA- Biaya pengobatan dan terapi kanker di Amerika naik dua kali lipat, selama 20 tahun terakhir. Anehnya, mahalnya obat bukanlah faktor utama mengapa ini terjadi. Namun, karena meningkatnya jumlah penderita kanker di negara adidaya itu.

Dalam jurnal kesehatan American Cancer Society, para peneliti menemukan biaya berobat penderita cuma lima persen dari total terapi yang dilakukan. Mahalnya pengobatan justru ada pada biaya asuransi yang mencapai 50 persen, yang berbanding terbalik dengan pendapatan kebanyakan orang Amerika beberapa tahun terakhir ini.c“ Hal ini sungguh amat mengejutkan,” ujar Dr Len Lichtenfeld dari American Cancer Society.

Dalam penelitian yang mereka lakukan di tahun 1987 pengobatan kanker menghabiskan dana 25 juta dollar. Kini, biayanya bisa mencapai 48 juta dollar. Ia mengatakan dari survey yang dilakukan terhadap 164 ribu orang Amerika, dari 1987 hingga 2005, kebanyakan yang terkena kanker adalah mereka yang berada di usia tua.

Menurut Kenneth Thrope, peneliti dari Emory University, kebanyakan para penderita kanker percaya semakin baik pengobatan yang diambil, mengindikasikan semakin besar kesempatan hidup. “ Karenanya mereka rela mengeluarkan uang banyak untuk itu,” kata lelaki ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement