Senin 11 Oct 2010 21:41 WIB

Isu "Muslim Segera Ambil Alih AS" Mengemuka di Nevada

Charron Angle (memegang mikrofon)
Foto: MSNBC
Charron Angle (memegang mikrofon)

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS--Calon anggota Senat AS, Sharron Angle, mengatakan kepada kerumunan pendukung bahwa negara perlu mengatasi "situasi teroris militan" yang telah memungkinkan hukum agama Islam untuk memegang kendali di beberapa kota Amerika. Komentarnya datang pada reli pendukung Tea Party -- acara kampanye yang dihajat Partai Republik menjelang Pemilu -- di kota wisata Nevada,  Mesquite.

Ia sebelumnya ditanya tentang isu umat Islam yang dikabarkan memiliki misi mengambil alih negara. Dalam rekaman yang diberikan kepada The Associated Press  oleh pers lokal Mesquite, seorang pria terdengar bertanya pada Angle, "Saya dengar tentang Muslim ingin mengambil alih Amerika Serikat ... di satu program televisi malam lalu, saya melihat bahwa mereka mengambil alih sebuah kota di Michigan dan penduduk kota, mereka ingin mereka keluar. Aku ingin mendengar pikiran Anda tentang itu. "

Angle menjawab, "Kita sedang berbicara tentang situasi teroris militan, yang saya percaya bukan hal yang luas, tetapi cukup bahwa kita perlu waspada, dan kami telah menangani hal itu."

Menurutnya, ia tak akan membiarkan Dearborn, Michigan, dan Frankford, Texas yang berada di tanah Amerika, diatur secara syariah.  "Menurut saya ada sesuatu yang secara fundamental salah dengan membiarkan sistem hukum asing bahkan mengambil alih setiap situasi kota atau pemerintah Amerika Serikat." Asal tahu saja, Dearborn, Michigan memiliki komunitas Muslim yang berkembang.

Menanggapi pertanyaan yang sama, ia juga menarik perbandingan antara serangan 11 September dengan Holocaust Nazi. Dia mengatakan pemilik properti di balik pusat komunitas Islam harus bergerak dalam menghormati orang-orang yang meninggal di sana.

Ibrahim Hooper, juru bicara Dewan Hubungan Islam-Amerika (CAIR), sebuah kelompok advokasi yang berbasis di Washington, menyebut laporan Angle sebagai  "aneh."

"Hal ini tampaknya menjadi contoh kefanatikan yang kacau. Hal ini cukup jelas bahwa ia bersalah terhadap Islam dan umat Islam tapi dia sangat membingungkan Anda tidak tahu apa yang dia omongkan," kata Hooper. "Tanggapan yang tepat semestinya adalah, 'Muslim Amerika adalah warga negara seperti orang lain Mereka bebas untuk mempraktekkan iman mereka,'. Tidak tampak bahwa Muslim entah bagaimana berusaha untuk mengambil alih Amerika."

Walikota Dearborn Jack O'Reilly menyebut komentar Angle "memalukan." Ia mengatakan kelompok-kelompok Partai Republik sengaja menyebarkan berita bahwa di Detroit pinggiran diperintah oleh hukum Islam setelah anggota kelompok anti-Islam ditangkap di sebuah festival budaya Arab pada bulan Juni karena relawan Kristen mengeluhkan pelecehan.

"Jika dia ingin datang ke sini, saya akan membawanya tur keliling kota. Saya akan menunjukkan padanya kita mengikuti konstitusi sama dengan warga AS lainnya. Begitu juga warga Muslim di sini, mereka tunduk pada konstitusi AS sama seperti warga lain," katanya.

Angle sebelumnya selalu menggembar-gemborkan dirinya sebagai seorang politikus berbasis agama. Di antara posisinya, dia menentang aborsi dalam segala situasi, termasuk pemerkosaan dan inses dan tidak percaya Konstitusi mewajibkan pemisahan gereja dan negara.

Pimpinan Mayoritas Senat Harry Reid, yang juga mengatakan, Pusat Komunitas Park51, yang akan meliputi masjid, harus dibangun di tempat lain. Sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan Reid dan Angle menyokong utama kampanye anti-masjid dekat Groud Zero itu.

"Fakta bahwa Sharron Angle percaya kota di Amerika telah diambil alih oleh organisasi teroris militan yang berkuasa dan membuat warga negara kita di bawah hukum syariah menunjukkan kurangnya kapasitas pribadi dia dan menunjukkan dia terlalu ekstrem dan berbahaya untuk mewakili Nevada di Senat AS, " kata juru bicara pemerintah Nevada, Kelly Steele.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement