Rabu 02 Oct 2013 22:38 WIB

Dicari, Pengumpul Data Koala

Red:
Koala
Koala

QUEENSLAND -- Sebuah survei bernama Graet Koala Count saat ini sedang mencari relawan untuk mendata perilaku dan habitat koala di New South Wales (NSW) dan Queensland, Australia.

Great Koala Count menginginkan para voluntir ikut mengumpulkan data mengenai koala di daerah mereka, untuk menghasilkan gambaran lebih rinci mengenai kebiasan dan habitat koala.

Syaratnya, voluntir hanya perlu meluangkan waktu serta setidaknya memiliki smart phone atau akses internet.

Proyek ini diorganisir oleh National Parks Association of New South Wales dan Great Eastern Ranges yang diilhami oleh pengumpulan data koala yang lebih kecil di seantero kota Adelaide tahun lalu.

Survei Great Koala Count akan berlangsung 7 sampai 17 November 2013 dan aplikasi-aplikasi smart phone khusus telah dirancang untuk membantu mengumpulkan data tersebut.

Sejumlah pemerintah kota ikut mendukung gagasan itu. Manajer proyek biodiveristas kota Tweed Shire, Tanya Fountain, misalnya mengatakan pendataan itu akan membantu mengurangi kesenjangan populasi koala.

"Kalau voluntir itu melihat koala, mereka dapat merekam langsung di smart phone. Dan mereka dapat mengambil foto koala dan merekam sejumlah hal mengenai kesehatan mau pun jenis kelamin koala tersebut," kata Tanya.

Musim kawin koala akan marak pada saat survei dilakukan.

Para voluntir pertama-tama perlu mendaftar, kemudian pasang mata mencari koala dalam waktu 10 hari. Untuk mendaftar atau mengetahui lebih banyak, silahkan kunjungi Great Koala Count website.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement