Rabu 08 Jan 2014 19:24 WIB

Australia Barat Tunda Proyek Pemusnahan Hiu

Red:
Hiu putih raksasa di perairan Australia
Foto: AP PHOTO
Hiu putih raksasa di perairan Australia

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Pemerintah Negara Bagian Australia Barat menunda pelaksanaan tender untuk mengimplementasikan kebijakan membunuh hiu sampai pekan depan.Tender tersebut ditutup pada Jumat (3/1/2014) buat para nelayan professional mendaftarkan diri untuk menangkap dan membunuh beragam jenis hiu seperti hiu putih, hiu macan dan hiu banteng dengan menggunakan kait dan drum berisi umpan.

Menurut dokumen tender Pemerintah Negara Bagian menyebut semestinya pada Jumat (10/1) barisan drum berisi umpan mulai dikerahkan. Namun pejabat Menteri Utama Australia Barat, Kim Hames, mengatakan tender masih dipertimbangkan. "Usulnya memang semuanya akan siap pada Jumat dan itu tujuannya tetapi proses ini belum kelar," katanya.

Menurutnya masih ada beberapa hal yang masih dilakukan.“Kami akan mengumumkannya setelah kami siap dan programnya akan mulai berjalan,” lanjut Hames lagi.

Juru Bicara nelayan oposisi atau yang tidak sepakat dengan kebijakan itu, Dave Kelly, menyebut kalau hal itu merupakan pertanda kalau Pemerintah Australia Barat telah bersiap siap dengan kebijakan tersebut. "Pemerintah telah sepenuhnya mengacaukan proses kebijakan dan itu adalah proses kebijakan yang salah lagi,” tegasnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement