Jumat 13 Jun 2014 22:37 WIB

Pohon Eukaliptus juga Hasilkan Terpen

Pohon eukaliptus
Foto: energy.com
Pohon eukaliptus

REPUBLIKA.CO.ID, QUEENSLAND -- Tak cuma untuk oba-obatan maupun bahan bakar jet, pohon eukaliptus juga mengandung terpen. Diungkap Dr Carston Küllheim dari Universitas Nasional Australia, Genom dalam pohon Eukaliptus paling banyak mengandung gen yang dapat memproduksi senyawa terpen dibandingkan spesies tanaman lain yang telah diurutkan genetiknya sejauh ini.

Hullheim merupakan salah satu dari para ilmuwan  internasional yang meneliti eukaliptus selama lima tahun. Menurutnya,  Genom dalam pohon Eukaliptus paling banyak mengandung gen yang dapat memproduksi senyawa terpen dibandingkan spesies tanaman lain yang telah diurutkan genetiknya sejauh ini.

Terpen adalah hidrokarbon yang bertindak sebagai pertahanan kimia terhadap hama, dan yang menyediakan minyak aromatik yang digunakan dalam aplikasi obat dan farmasi. Mereka juga membuat daun eukaliptus menjadi sangat rentan terhadap api.

Beberapa turunan terpen dapat dikonversi menjadi biofuel lanjutan, yang menurut Küllheim bisa menjadi alternatif untuk bahan bakar berbasis minyak bumi di masa depan. Turunan terpene juga diketahui memiliki jumlah yang sama dengan karbon dalam solar.

"Ini berarti di masa depan kita bisa menggunakan gen eukaliptus yang dipilih secara khusus, bisa diubah menjadi bio-pabrik yang dapat untuk memproduksi biofuel lanjutan dalam skala besar. Sehingga di masa depan, pesawat  jumbo jet dapat lepas landas dengan menggunakan bahan bakar terbarukan berbasis kayu putih," jelasnya baru-baru ini.

sumber : abc, radio australia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement