Selasa 01 Jul 2014 19:35 WIB

Atasi Musim Dingin, Penghuni Bonbin Canberra Diberikan Layanan Sauna

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Kebun binatang nasional Australia di Canberra memiliki satwa yang berasal dari berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya tak terbiasa menghadapi musim dingin yang kini menghampiri kota itu. Maka, beberapa binatang mendapat perlakuan khusus. Bahkan, ada yang diberi sauna!

Panda Merah
Panda Merah
Satwa panda merah di Kebun Binatang Nasional Australia. Satwa ini berasal dari kawasan Himalaya, hingga sudah terbiasa dengan dingin. (James Vyver)
Musim dingin sudah terasa di berbagai kota di Australia, termasuk Canberra. Suhu minggu ini di Canberra berkisar 10 hingga 11 derajat Celcius.

Manusia di kota ini pun berpakaian tebal dan menyalakan pemanas. Namun bagaimana dengan satwanya? Apalagi satwa di kebun binatang yang mungkin berasal dari daerah panas dan tak tahan dingin?

Karena inilah, para penjaga kebun binatang nasional Canberra sibuk menjaga satwa-satwa yang ada di kebun binatang tersebut agar tidak kedinginan. Namun, ada juga yang memang berasal dari negara dingin, hingga tak terganggu dengan rendahnya suhu.

Snow Leopard (Macan Tutul Salju)
Snow Leopard (Macan Tutul Salju)
Macan tutul salju memang cocok tinggal di daerah dingin ( Foto: Kebun Binatang Nasional Australia)
Sesuai dengan namanya, macan tutul salju memang cocok tinggal di daerah dingin. Satwa ini berasal dari pegunungan Asia tengah.

Di musim dingin, panjang sehelai bulu macan tutul salju bisa mencapai 12 cm. Hingga mereka terlindung dari dingin dan mereka juga jadi bisa menyamar lebih sempurna di tengah salju.

Kaki macan tutul salju besar dan memiliki bantalan, cocok untuk berjalan di atas salju. Panjang ekornya bisa mencapai satu meter, dan bisa digunakan layaknya selendang untuk menghangatkan diri.

Singa
Singa
Kebun binatang nasional Australia menyediakan gua dengan penghangat bagi singa-singanya. (James Vyver)
Singa berasal dari Afrika, hingga tak terbiasa dengan suhu rendah.

Karena tubuh mereka besar, mereka masih bisa tahan terhadap suhu musim dingin Canberra di siang hari. Seringkali mereka berjemur agar makin hangat. Tapi di malam hari, atau saat hujan turun, mereka beristirahat di dalam gua yang dilengkapi penghangat.

Meerkat
Meerkat
Makhluk mungil bernama meerkat ini diberi 'sauna' agar tetap hangat (Foto: James Vyver)
Meerkat juga berasal dari Afrika. Bobot mereka hanya sekitar 1 kilogram. Maka, mereka sulit menghangatkan diri di musim dingin Canberra.

Untuk menyikapi ini, para penjaga kebun binatang menciptakan semacam sauna khusus meerkat, berbentuk sarang yang dihangatkan.

Panda Merah
Panda Merah
Makanan utama panda merah adalah bambu. (James Vyer)
Panda merah berasal dari kaki gunung Himalaya, di kawasan Nepal dan Myanmar. Kawasan ini terkenal dingin, dan panda merah memiliki bulu yang tebal agar bisa bertahan hidup di sana.

Makanan utama panda merah adalah bambu. Tapi mereka juga makan buah, kacang-kacangan dan telur.

Ukuran panda merah kira-kira sebesar kucing peliharaan. Ekornya, yang panjangnya bisa mencapai 40 cm, membantu mereka menjaga keseimbangan, dan juga menghangatkan diri.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement