Senin 20 Oct 2014 21:30 WIB

Sydney Lampaui Perth Sebagai Penggerak Ekonomi Australia

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Laporan tiga bulanan terbaru menunjukkan bahwa negara bagian New South Wales (Sydney) sekarang menjadi penggerak perekonomian utama di Australia menggantikan Australia Barat (Perth).

Selama tiga tahun terakhir, Australia Barat selalu menduduki tempat pertama dalam laporan State of theNStates yang dibuat oleh lembaga keuangan terkemuka CommSec. Namun sekarang ini booming di bidang konstruksi rumah membuat New South Wales sekarang menggantikan posisi Australia Barat.

Ekonom CommSec Savanth Sebastian mengatakan New South Wales naik dari posisi terakhir menjadi yang nomor satu dalam enam tahun terakhir. "Tidaklah mengejutkan ini semua disebabkan karena perumahan, sekarang ini semua konstruksi perumahan terjadi di NSW, " kata Sebastian baru-baru ini.

"Dalam beberapa tahun terakhir tidak terjadi banyak pembangunan rumah, namun sekarang berkembang pesat sehingga menggerakkan perekonomian NSW. Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi, dan penjualan ritel juga meningkat." tambah Sebastian.

Enam tahun lalu, Tasmania adalah penggerak utama ekonomi Australia namu sekarang berada di peringkat terakhir, di atasnya adalah ACT dan Australia Selatan. Australia Barat berada di tempat kedua, dan menurut Sebastian, sektor pertambangan sekarang tidak lagi menjadi penggerak ekonomi di Australia.

Menurut Sebastian, pertumbuhan ekonomi dari sektor konstruksi di New South Wales dan juga bidang lain mengalahkan sektor pertambangan. "Australia Barat masih tetap bagus perekonomiannya. Dalam kenyataannya, masih bagus, dibandingkan perkiraan enam sampai 12 bulan lalu, di saat sektor pertambangan mulai melesu."

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement