Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Peselancar Payung Australia Tewas Diserang Hiu

Rabu 07 Sep 2016 15:54 WIB

Red: Ani Nursalikah

Seorang peselancar payung Australia jatuh ke laut dan digigit hiu di Kaledonia Baru.

Seorang peselancar payung Australia jatuh ke laut dan digigit hiu di Kaledonia Baru.

Foto: abc

REPUBLIKA.CO.ID, KALEDONIA BARU -- Seorang warga Australia yang sedang berselancar payung tewas karena serangan hiu di pulau utama di Kaledonia Baru. Ini merupakan serangan hiu kedua yang mematikan di kawasan Pasifik Selatan tersebut dalam enam bulan terakhir.

Pejabat setempat mengatakan warga asal Fremantle, Australia Barat berusia 50 tahun tersebut jatuh ke dalam air di kawasan terumbu karang di bagian utara Koumac, dan kemudian digigit oleh ikan hiu besar di bagian pahanya.

Pusat Koordinasi Penyelamatan Laut mengatakan sebuah kapal katamaran yang berada di dekat lokasi kemudian berusaha membantu dan memberikan pertolongan pertama, namun dinyatakan meninggal satu jam kemudian.

"Dia menderita luka dalam di bagian paha karena gigitan ikan hiu besar. Kami sekarang ini tidak tahu jenis hiu tersebut," kata Nicolas Renaud, kepala pusat koordinasi penyelamatan laut Kaledonia Baru.

Pejabat konsuler Australia sekarang sedang membantu keluarga korban.

Ini adalah serangan fatal kedua oleh hiu di Kaledonia Baru dalam enam bulan terakhir, dan merupakan peselancar payung ketiga yang digigit oleh hiu. Kaledonia Baru adalah sebuah kawasan berbahasa Prancis yang terletak di Timur Australia.

April lalu, seorang wanita tewas di pantai di Poe di bagian barat kawasan tersebut.

Presiden Asosiasi Peselancar Payung (Kitesurfing) Australia Barat Drew Norton mengatakan dia memperkirakan ini adalah serangan fatal kedua yang terjadi pada peselancar payung di dunia ini.

"Sepanjang yang saya ketahui, kejadian ini jarang sekali. Ada kasus yang dilaporkan terjadi, yaitu serangan hiu di Amerika, di Florida, jadi ini tentu mengejutkan. Tidak ada laporan mengenai kasus fatal di Perth, kasus persinggungan antara peselancar payung dengan hiu," katanya.

Ada sekitar 98 serangan hiu yang terjadi di seluruh dunia di 2015, angka tertinggi yang pernah tercatat, yang dikumpulkan peneliti di Universitas Florida yang sudah mengumpulkan data sejak 1958.

Enam diantara serangan itu fatal. Meningkatnya serangan ini disebutkan disebabkan karena meningkatnya suhu air laut karena pemanasan global menyebabkan hiu mengubah kebiasaan mereka, pola cuaca El Nino yang kuat tahun lalu, dan juga semakin meningkatnya olahraga di air.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/warga-australia-tewas-diserang-hiu-setelah-selancar-layarnya-ja/7822716
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA