Kamis 27 Oct 2016 15:05 WIB

Puan, Orang Utan Tertua di Dunia Ada di Perth

Orang utan Puan di Kebun Binatang Perth, Australia. Puan adalah orang utan tertua di dunia.
Foto: ABC
Orang utan Puan di Kebun Binatang Perth, Australia. Puan adalah orang utan tertua di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Seekor orang utan bernama Puan yang berusia 60 tahun dan sekarang berada di Kebun Binatang Perth, Australia merupakan orang utan asal Sumatra tertua di dunia saat ini. Namun sesuai dengan usianya, Puan tidak lagi bergerak aktif seperti yang muda.

Staf di Kebun Binatang Perth mengatakan Puan masih dalam kondisi kesehatan yang baik, namun seiring dengan perkembangan usia, Puan sering marah-marah.

"Puan adalah orangutan yang sulit didekati. Dia tidak sabaran, dia akan menghentak-hentakkan kakinya bila dia ingin sesuatu dengan cepat," kata Martina Hart, salah seorang staf di sana.

"Dia sepertinya ingin dihormati. Dan dia memang patut dihormati. Dia jarang menunjukkan dengan terbuka dia tertarik berinteraksi dengan kita," katanya.

Diperlukan waktu beberapa tahun bagi staf di Kebun Binatang Perth melakukan pelacakan untuk mengetahui berapa persisnya usia Puan. Diperkirakan Puan lahir di alam liar di 1956, dan karenanya sekarang masuk catatan Guiness World Record sebagai orang utan tertua.

Puan Dihadiahkan ke Kebun Binatang Perth

Dia dihadiahkan ke Kebun Binatang Perth pada 1969 oleh Sultan Johor di Malaysia, sebagai pertukaran dengan beberapa binatang asli Australia. Puan kemudian melahirkan 11 anak dan sudah menjadi nenek dan buyut bagi orang utan lain di sana.

Pencapaian usia 60 tahun ini merupakan hal yang luar biasa karena rata-rata orang utan hidup sampai usia 50 tahun.

"Dia mendapat obat arthritis setiap malam, dan di pagi yang dingin kami memberinya teh herbal untuk membangunkannya. Namun selain itu, dia sehat. Dia mulai melambat dalam urusan panjat-memanjat. Jadi dia lebih banyak menghabiskan waktu di tanah," kata Hart.

Kebun Binatang Perth akan memberikan menu makan pagi khusus bagi Puan pada Kamis (27/10) untuk merayakan ulang tahunnya, dan mengundang media untuk mengabadikan kejadian ini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/orangutan-puan-tertua-di-dunia/7970358
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement