Ahad 13 Nov 2016 12:03 WIB

Menteri Australia yang Bawa Anjing dengan Mobil Dinas Mundur

 Menteri Urusan Penjara (Corrections Minister) negara bagian Victoria Australia Steve Herbert telah mengundurkan diri setelah kontroversi dia menggunakan mobil dinasnya untuk membawa dua ekor anjingnya.
Foto: AAP
Menteri Urusan Penjara (Corrections Minister) negara bagian Victoria Australia Steve Herbert telah mengundurkan diri setelah kontroversi dia menggunakan mobil dinasnya untuk membawa dua ekor anjingnya.

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA -- Seorang menteri di negara bagian Victoria Australia Steve Herbert telah mengundurkan diri setelah kontroversi dia menggunakan mobil dinasnya untuk membawa dua ekor anjingnya.

Herbert adalah Menteri Urusan Penjara (Corrections Minister) dalam pemerintahan yang dipimpin oleh Menteri Utama Daniel Andrews dari Partai Buruh saat ini. Herbert yang mewakili daerah pemilihan di Victoria Utara dalam sebuah pernyataan, Rabu (9/11) mengatakan dia akan tetap berada di Majelis Tinggi parlemen Victoria namun tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan di 2018.

Herbert yang juga menjabat sebagai Menteri Pelatihan dan Keterampilan, sudah menghadapi banyak tekanan politik setelah muncul laporan di media dia menggunakan mobil dinasnya sebagai menteri untuk membawa dua ekor anjingnya Patch dan Ted dari rumahnya di Melbourne ke rumahnya di pedesaan di Trentham, yang jaraknya lebih dari 100 Km.

Dia mengatakan sudah mengajukan pengunduran diri ke Daniel Andrews, dan pihak oposisi sebelumnya memang sudah mendesaknya untuk mundur.

"Pemerintah lebih penting dari seorang individu, dan saya khawatir hal yang berkenaan dengan saya selama beberapa minggu terakhir akan mengalihkan perhatian dari kerja bagus yang dilakukan pemerintah saat ini," kata Herbert.

Dia mengatakan di depan parlemen di Melbourne Selasa dia sudah mengorganisir untuk membawa anjingnya tanpa dia, selama satu atau dua kesempatan, namun tidak bisa menjelaskan pastinya karena informasi tersebut tidak masuk dalam pencatatan perjalanan mobil dinasnya.

Dia mengatakan sudah membayar kembali biaya senilai 192,80 dolar AS (hampir Rp 2 juta), dan juga menyumbangkan 1.000 dolar AS (sekitar Rp 10 juta) bagi sebuah rumah penyayang binatang di Woodend.

Oposisi: Gagalnya Kepemimpinan dalam Pemerintahan

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Utama Victoria Daniel Andrews mengatakan Herbert 'sudah membayar' atas kesalahan yang dilakukannya.

"Herbert sudah mempertimbangkan posisinya, dan memutuskan langkah yang paling tepat adalah mengundurkan diri dan menjadi anggota parlemen biasa. Herbert mengakui adanya kesalahan pengambilan keputusan dan dia harus membayar kesalahan itu," katanya.

Andrews juga memuji usaha Herbert sebelumnya dalam memperbaiki sektor sekolah kejuruan (TAFE) di negara bagian tersebut dan juga sektor pelatihan swasta. "Dia memberikan dampak yang bagus terhadap kehidupan anak-anak muda di Victoria, memastikan mereka mendapatkan ketrampilan yang dibutuhkan bagi pekerjaan yang mereka inginkan," katanya.

Pemimpin oposisi Matthew Guy dari Partai Liberal mengatakan keputusan itu seharusnya dibuat sebelumnya, dan bukanya baru sekarang. "Daniel Andrews harus sudah memecat Steve Herbert dua pekan lalu dan tidak menunggu menterinya sendiri mengundurkan diri. Ini adalah kegagalan kepemimpinan," katanya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/menteri-bawa-anjing-dengan-mobil-dinas-mundur/8008772
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement