Kamis 23 Mar 2017 13:32 WIB

Trump Merosot 220 Posisi di Daftar Orang Terkaya Dunia

Meski kekayaan Gina Rhinehart hampir naik dua kali lipat, kekayaan Donald Trump justru merosot 1 miliar dolar.
Foto: ABC
Meski kekayaan Gina Rhinehart hampir naik dua kali lipat, kekayaan Donald Trump justru merosot 1 miliar dolar.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Daftar miliarder terbaru versi majalah Forbes telah terbit. Daftar ini memberi gambaran positif tentang pengumpulan kekayaan, dengan 196 pendatang baru yang berhasil ditambahkan.

Bill Gates kembali memuncaki daftar miliarder dan Gina Rinehart tetap mengukuhkan posisinya sebagai orang terkaya di Australia. Tapi Presiden AS Donald Trump, merosot 220 posisi.

Kekayaan Gina Rinehart hampir naik dua kali lipat dalam 12 bulan, dari 8,8 miliar dolar AS (atau setara Rp 88 triliun) pada Maret 2016 menjadi 15 miliar dolar AS (atau setara Rp 150 triliun) pada tahun ini, dengan perolehan terbesar hartanya berasal dari tambang Hope Downs di wilayah Pilbara, Australia Barat.

Tokoh pertambangan dan pengusaha perempuan terkemuka ini naik ke posisi 69 dari posisi 127 tahun lalu, membuatnya sebagai satu-satunya warga Australia yang masuk di peringkat 100 besar. Forbes menyebut, miliarder perempuan Australia ini mengalami tahun terbaik.

"Tak seperti perempuan lain di depannya, Gina Rinehart juga memiliki hak untuk pamer karena telah mengumpulkan hartanya secara aktif," kata Forbes.

"Rinehart mengambil alih perusahaan almarhum ayahnya yang bangkrut dan membangunnya kembali menjadi sesuatu yang jauh lebih besar," jelas media itu.

Menurut Forbes, mayoritas perempuan terkaya di dunia mendapatkan harta mereka dari warisan.

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, berada di peringkat 5 dari daftar orang terkaya di dunia 2017.

Reuters: Robert Galbraith

Kekayaan bersih Trump turun ke 3,5 miliar dolar AS

Cerita yang berbeda terjadi pada Trump, yang anjlok ke posisi 554, dengan kekayaannya yang turun 1 miliar dolar AS (atau setara Rp 10 triliun) sejak daftar yang sama diterbitkan tahun lalu. Walau karier politik Trump meningkat, kekayaan bersihnya turun menjadi 3,5 miliar dolar AS (setara Rp 35 triliun) atau sekitar sepertiga dari apa yang ia klaim selama kampanye kepresidenannya.

Forbes mengatakan, penurunan itu terutama disebabkan oleh dampak dari merosotnya pasar real estate New York terhadap kepemilikan Trump.

Kekayaan Presiden Trump dilaporkan berasal dari televisi dan real estate, dengan sebagian besar dari hal itu terkait dengan bangunan di Midtown Manhattan, New York City."Properti di Midtown Manhattan turun, oleh karena itu, begitu pula kekayaan Donald Trump," kata majalah bisnis ini dalam sebuah pernyataan.

Walau kekayaan bersih Trump tergelincir, lebih banyak orang berhasil masuk ke daftar ini. Tahun ini, Forbes mencetak rekor dengan memeringkat 2.043 miliarder. Ada 196 pendatang baru dalam daftar miliarder ini, termasuk warga Australia Manny Stul, CEO Moose Toys, sebuah perusahaan yang terkenal karena koleksi mainan ‘Shopkins’-nya. Ia memiliki kekayaan bersih senilai 1,4 miliar dolar AS (atau setara Rp 14 triliun).

"Melonjaknya pasar saham, harga komoditas yang lebih tinggi dan kewirausahaan konservatif membantu membuat daftar ini mencetak rekor dalam hal pengumpulan kekayaan di seluruh dunia," kata editor Forbes, Luisa Kroll dan Kerry Dolan.

Pendiri Microsoft dan dermawan, Bill Gates, menduduki peringkat pertama selama empat tahun berturut-turut, dan telah menjadi orang terkaya di dunia selama 18 dari 23 tahun terakhir.

Keberuntungan Mark Zuckerberg naik 11,4 miliar dolar AS (atau setara Rp 114 triliun) selama tahun ini, membuatnya berada di peringkat kelima untuk pertama kalinya. Berada di antara Gates dan Zuckerberg berturut-turut adalah CEO Berkshire Hathaway -Warren Buffet, pendiri Amazon -Jeff Bezos dan pendiri Zara -Amancio Ortega.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/bisnis-investasi/kekayaan-trump-merosot-220-peringkat-196-pendatang-baru-masuk/8374676
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement