Jumat 13 Oct 2017 15:24 WIB

Korut Mungkin Luncurkan Rudal Lagi untuk Permalukan Cina

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop
Foto: ABC News
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop

REPUBLIKA.CO.ID,Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengemukakan adanya kekhawatiran nyata bahwa Korea Utara kemungkinan akan kembali melakukan uji coba rudal pekan depan. Peluncuran ini bertepatan dengan berlangsungnya Kongres Partai Komunis Cina (PKC).

Kongres PKC di Beijing yang akan digelar Rabu (18/10) depan akan memutuskan kebijakan Pemerintah Cina dan memilih para pejabat untuk periode lima tahun ke depan. Menlu Bishop dalam wawancara dengan Sky News menjelaskan pihak berwenang Korea Selatan menganggap pihak Korut bisa melakukan kembali tes rudal lainnya.

"Korea Utara mungkin menggunakan kesempatan itu untuk mempermalukan Cina dengan cara melakukan uji coba nuklir lagi atau meluncurkan rudal balistik lainnya," kata Bishop.

"Hal ini tampaknya disebabkan karena adanya pola tertentu Korea Utara dalam melakukan ujicoba ilegal ini pada saat bersamaan degan Cina menampilkan bangsanya di panggung dunia," katanya.

Menlu Bishop bersama Menteri Pertahanan Marise Payne melakukan pertemuan dengan mitranya di Korea Selatan pekan ini untuk membahas upaya program nuklir dan misil Korea Utara. Mereka mengatakan bahwa penolakan pemimpin Korut Kim Jong Un untuk mematuhi peraturan internasional telah menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan di wilayah tersebut.

Menlu Bishop dengan tegas mengesampingkan kemungkinan pengiriman delegasi Australia ke Korea Utara. Dia mengatakan Kedutaan Australia di Pyongyang telah ditutup sejak tahun 1974.

"Kami bekerja sama dengan negara-negara lain yang memiliki perwakilan di Pyongyang. Namun saya yakin keberhasilan mereka terbatas dalam berhubungan dengan rezim tersebut," ujarnya.

"Saya percaya bahwa Amerika Serikat lebih maju dalam berhubungan dengan Korea Utara melalui jalur belakang. Kami jelas akan bekerja sama dengan negara-negara yang memiliki masukan mengenai cara kita mengurangi ketegangan," paparnya.

Diterbitkan oleh Farid M Ibrahim dari berita Radio ABC.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/korut-mungkin-luncurkan-rudal-lagi-untuk-permalukan-china/9046896
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement