Jumat 27 Oct 2017 12:47 WIB

Drone Selundupkan Kapsul Steroid ke Penjara NSW

cuplikan gambar CCTV menunjukan sebuah drone tampak menjatuhkan barang selundupan di daerah berumput didalam penjara Lithgow di New South Wales, Australia.
Foto: ABC
cuplikan gambar CCTV menunjukan sebuah drone tampak menjatuhkan barang selundupan di daerah berumput didalam penjara Lithgow di New South Wales, Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Sebuah pesawat berkamera tak berawak atau drone tertangkap kamera CCTV menjatuhkan barang yang tampaknya selundupan ke penjara Lithgow di New South Wales (NSW). Ini merupakan kasus pertama yang ditemukan di negara bagian itu.

Seorang warga memberitahukan staf penjara mengenai keberadaan drone yang terbang di dekat Lembaga Pemasyarakatan Lithgow, di barat tengah NSW pada Senin (23/10) malam. Staf penjara kemudian memeriksa rekaman CCTV, yang menunjukkan pesawat tak berawak itu menjatuhkan sesuatu.

Petugas kemudian menggeledah daerah tersebut pada Selasa (24/10)  pagi namun tidak menemukan apapun, yang kemudian mengakibatkan dilakukannya razia. Seorang narapidana diduga terlihat beraksi secara mencurigakan setelah penggerebekan tersebut, yang mengarah dilakukannya penggeledahan tubuh.

Petugas lalu menemukan dua paket berisi 403 kapsul steroid yang disembunyikan di pakaian narapidana tersebut.

Drone masalah yang meningkat untuk penjara

Lembaga Pemasyarakatan NSW pada Kamis (26/10)  mengkategorikan drone sebagai sebuah isu yang sedang berkembang. Penjabat sementara di Departemen Pemasyarakatan NSW, Luke Grant, mengatakan bahwa staf  di lembaganya sudah waspada.

Menteri Pemasyarakatan NSW, David Elliott, mengatakan pesawat tak berawak itu juga merupakan ancaman bagi keselamatan dan keamanan petugas. Dia mengatakan akan mencari cara untuk memperketat pembatasan drone dan pesawat lainnya di dekat penjara.

Oposisi menggunakan insiden penyelundupan rahasia ini untuk menyoroti betapa mudahnya barang selundupan berhasil masuk ke dalam penjara. Juru bicara lembaga pemasyarakatan, Guy Zangari mengatakan bahwa lebih banyak sumber daya dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini.

Dalam sebuah pernyataan, Guy Zangari mengatakan bahwa Partai Buruh sebelumnya telah menyuarakan kekhawatiran tentang drone yang berterbangan. "Dia [David Elliott] tidak bisa menghentikan selundupan karena masuk melalui gerbang depan atau jatuh dari langit," katanya.

Polisi NSW sedang menyelidiki kejadian tersebut.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/drone-selundupkan-barang-ke-penjara/9090782
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement