Senin 02 Jul 2018 15:32 WIB

Gading Gajah dan Cula Badak Masih Dijual di Australia

Gading tersebar luas di Australia dan memiliki nilai yang sangat besar.

Barang-barang dari gading gajah dijual di toko barang bekas di Melbourne dan Perth.
Foto: For the Love of Wildlife
Barang-barang dari gading gajah dijual di toko barang bekas di Melbourne dan Perth.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Benda-benda yang terbuat dari gading gajah dan badak secara teratur dan secara legal dijual di Australia. Namun, Pemerintah Australia sedang mempertimbangkan untuk mengubah undang-undang.

Parlemen Australia sedang mempertimbangkan mengikuti jejak Inggris dengan melarang penjualan dan pembelian gading dan cula di dalam negeri dan mengadakan dengar pendapat publik di Sydney dan Melbourne minggu ini. Gading tersebar luas di Australia dan memiliki nilai yang sangat besar.

Ada karya seni kuno, hiasan dari Asia, ukiran taring, dan piala buruan. Di bagian lain, ada barang-barang rumah tangga dengan sejumlah kecil gading, seperti alat makan, perhiasan dan alat musik.

"Gading utuh, taring berukir, jika kuno, cenderung berharga. Tapi kebanyakan barang yang dijual dilelang, dalam hal volume adalah apa yang Anda sebut pernak-pernik. Banyak barang harganya kurang dari beberapa ratus dolar," jelas Jane Raffan dari Auctioneers dan Valuers Association of Australia.

photo
Barang-barang dari gading gajah dijual di toko barang bekas di Melbourne dan Perth.

Gading dijual di Australia dengan sedikit atau tanpa rasa hormat pada aturan. Barang-barang itu lebih mungkin dibeli dan dijual di toko-toko antik lokal dan pedagang barang bekas.

Cula badak jauh kurang umum, tetapi sejak 2001, 70 item telah terjual di lelang. Dua cangkir "piala" Cina dari abad ke-17 yang dibuat dari tanduk badak dijual masing-masing seharga 183 ribu dolar AS.

Sebuah cula badak hitam besar dan mengesankan yang bertanggal pertengahan abad ke-20 dijual seharga 156 ribu dolar AS. Di Australia adalah suatu pelanggaran untuk memiliki spesimen gajah dan badak yang diimpor setelah pengenalan Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah (CITES) pada 1975.

Gading dan cula yang "dipanen" sebelum 1975 dapat diperdagangkan secara internasional jika ada bukti dari asalnya, tetapi itu bisa sebatas pernyataan resmi dari pemiliknya. Barang-barang pra-1975 dapat dijual di dalam negeri tanpa persyaratan hukum untuk membuktikan usia atau asal barangnya.

Anggota Asosiasi Pedagang Antik dan Seni Australia memiliki kode praktik sukarela yang melarang perdagangan gading setelah tahun 1947. Asosiasi itu mengatakan anggotanya berpengalaman dalam mengidentifikasi barang-barang yang diproduksi setelah 1947.

Dalam sebuah pengajuan untuk penyelidikan parlemen, rumah lelang Leonard Joel menyatakan, dalam praktiknya, kepatuhan jarang terjadi. "Sebagian besar gading dijual keluar masuk dalam hitungan minggu di rumah lelang di seluruh Australia dengan sedikit atau tanpa bunga atau menghormati rezim peraturan di tempat," katanya.

Haruskah Australia mengikuti Inggris?

Awal tahun ini, Inggris memperkenalkan undang-undang baru ke parlemen yang dianggap sebagai penjualan gading terberat di dunia. UU itu melarang penjualan semua gading, dengan pengecualian terbatas untuk barang-barang langka "nilai seni, budaya atau sejarah yang luar biasa tinggi" tertanggal sebelum 1918.

Hal ini juga memungkinkan penjualan barang dengan konten gading minimal 10 persen untuk karya seni dan 20 persen untuk alat musik. Museum juga akan dikecualikan dari UU baru ini.

Banyak kelompok kesejahteraan hewan mendesak komite parlemen mempertimbangkan UU yang sama untuk Australia. The Auctioneers dan Valuers Association of Australia juga mendukung posisi itu.

"Ini sepenuhnya layak untuk Australia, yang merupakan pasar yang sangat kecil jika dibandingkan [dengan Inggris]," kata wakil ketua asosiasi Jane Raffan.

AS, Prancis dan Cina juga telah bergerak untuk menutup perdagangan domestik di gading dan cula.

Gading tua dan baru - seberapa sulit untuk membedakannya?

Beberapa kelompok kesejahteraan hewan telah mengatakan kepada penyelidikan parlemen bahwa mereka memiliki bukti perdagangan bawah tanah yang berkembang. Donalea Patman dari The For Love of Wildlife menggambarkan perdagangan ilegal gading baru yang "merajalela."

"Ada asumsi jika barang berada di Australia, mereka harus legal," katanya.

"Yang kami temukan adalah mereka adalah barang-barang ilegal yang diizinkan untuk dicuci melalui perdagangan domestik kita karena tidak ada pemeriksaan dan verifikasi.

photo
Barang-barang dari gading gajah dijual di toko barang bekas di Melbourne dan Perth. (For the Love of Wildlife)

Organisasi tersebut telah memberikan bukti kepada komite parlemen dari para pedagang yang menjelaskan bagaimana minyak almond dan teh dapat digunakan untuk pewarnaan gading agar terlihat lebih tua dari aslinya. Lebih dari 300 item gading dan 26 cula badak disita antara 2010 dan 2016, menurut angka dari Departemen Dalam Negeri.

Itu termasuk penyitaan 110 kilogram gading yang belum diolah dari Malawi pada tahun 2015. Tetapi banyak kelompok kesejahteraan hewan yakin bahwa pemantauan kargo yang datang ke Australia tidak cukup dan lebih banyak lagi gading dan cula masuk.

"Mengingat nasib spesies-spesies ikonik ini, saya pikir kurangnya kemauan politik secara global benar-benar sangat mengejutkan. Banyak orang benar-benar terkejut bahwa [larangan total] belum ada," kata Patman.

photo
Barang-barang dari gading gajah dijual di toko barang bekas di Melbourne dan Perth. (For the Love of Wildlife)

Beberapa pengecer menyimpulkan larangan total pada semua penjualan akan paling mudah. Pasar online eBay melarang penjualan semua gading secara internasional kembali pada 2009.

Dalam pengajuan mereka ke penyelidikan parlemen Australia untuk perdagangan gading gajah dan cula badak, mereka mengatakan itu untuk menghindari perdagangan gading legal menghidupi pasar gading ilegal. Itu juga keputusan yang bijak.

"Membedakan hukum dari gading ilegal sangat rumit dan memakan waktu, membuat penegakan larangan parsial tidak praktis," kata eBay.

Namun Asosiasi Pedagang Antik dan Seni Australia percaya larangan total akan menciptakan pasar gelap. Ketua nasional asosiasi, Dawn Davis mengatakan tidak ada perdagangan ilegal di gading dan tanduk saat ini, tetapi itu akan berubah jika semua penjualan dilarang.

"Itu akan menjadi kontra-produktif, karena akan memaksa perdagangan bawah tanah ke pasar gelap yang tidak terkendali," katanya.

Davis juga mengatakan larangan total akan jadi "malapetaka" dan "tidak adil" bagi pedagang barang antik, membuat berharga, gading tua tidak berharga tanpa hasil nyata.

photo
Barang-barang dari gading gajah dijual di toko barang bekas di Melbourne dan Perth. (For the Love of Wildlife)

"Itu bukan tentang keseluruhan alasannya. Alasannya adalah tentang menghentikan perburuan gajah dan berdagang gading di era modern," katanya.

"Karya seni yang terbuat dari gading memiliki hak yang sah untuk diperjualbelikan, di mana nilainya sama dengan kualitas karya seni, dan bukan pada materi yang dibuatnya."

Rumah lelang Leonard Joel dulunya adalah pedagang gading terbesar di pelelangan di Australia, tetapi pada 2016 mulai secara sukarela menghentikan penjualan gading dan cula. "Tidak ada alasan etis atau komersial yang mungkin bisa membenarkan dalam pikiran kita perdagangan berkelanjutan dalam materi ini," katanya kepada AM.

Sejak itu, penjualan untuk rumah lelang telah melampaui harapan: "bukti komersial yang objektif bahwa bisnis kami tidak terpengaruh."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-07-02/gading-gajah-dan-cula-badak-masih-diperdagangkan-di-australia/9931958
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement