Rabu 25 Jul 2018 19:17 WIB

Selandia Baru Minta Australia Ganti Bendera Nasional

Australia dituduh menyalin bendera nasional Selandia Baru.

Red: Nur Aini
Bendera Australia (ilustrasi)
Bendera Australia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Penjabat Sementara Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peter mengklaim Australia menyalin bendera nasional negaranya. Ia mendesak Australia merancang bendera nasional yang baru.

Sejak referendum Selandia Baru 2016 gagal mengganti bendera kebangsaan mereka, kebingungan antara bendera kebangsaan Australia dan bendera kebangsaan Selandia Baru kembali mengemuka di kalangan warga yang menginginkan perubahan.

Ketika ditanya tentang masalah tersebut pekan ini, penjabat sementara PM Selandia Baru, Winston Peters, yang partainya menentang keras perubahan bendara kebangsaan negaranya, justru menyalahkan Australia.

"Kami memiliki bendera yang kami miliki sejak lama, tapi bendera itu disalin oleh Australia, dan mereka seharusnya benar-benar mengubah bendera mereka dan menghormati fakta bahwa kami sudah lebih dahulu menggunakan desain ini," katanya kepada TVNZ.

Secara teknis, Selandia Baru mengadopsi bendera dengan fitur Union Jack Inggris di sudut dan empat bintang merah dalam formasi Southern Cross, pada 1902, sementara Australia secara resmi baru melakukannya pada 1954.

Namun, desain untuk bendera nasional warga Australia itu telah memenangkan kompetisi pada 1901 dan diterbangkan pada September tahun itu juga selama Hari Bendera pertama. Bendera tersebut mengalami perubahan kecil selama dekade tersebut.

Komentar itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan trans-Tasman atas deportasi yang dilakukan Australia terhadap ratusan warga Selandia Baru. Dalam dua minggu terakhir, Winston Peters, Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton dan Menteri Kehakiman Selandia Baru telah saling tuding mengenai masalah tersebut.

Pada 24 Maret 2016, Selandia Baru menggelar referendum memilih mengganti atau mempertahankan desain bendera kebangsaan mereka yang dinilai sangat mirip dengan Australia. Hasilnya lebih dari 1,2 juta orang atau 56,6 persen memilih untuk tetap mempertahankan bendera mereka yang lama, sementara sekitar 900 ribu orang atau 43,2 persen memilih desain bendera baru yang diusulkan oleh Kyle Lockwood yang menampilkan pakis perak.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-07-25/nz-desak-australia-ganti-bendera/10035968
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement