Rabu 08 Aug 2018 19:52 WIB

New South Wales Australia Dilanda Kekeringan Parah

Hampir seperempat wilayah NSW dilanda kekeringan parah.

Red: Nur Aini
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang/ca
Salah satu kawasan yang dilanda kekeringan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Pemerintah New South Wales (NSW) mengatakan seluruh wilayah di negara bagian tersebut saat ini mengalami kekeringan.

Data yang dirilis Departemen Industri Primer (DPI) New South Wales menunjukkan setiap bagian wilayah dipengaruhi oleh kondisi kering. Hampir seperempat wilayah negara bagian itu diklasifikasikan dalam kondisi "kekeringan yang intens". Sampai saat ini, beberapa bagian dari pantai utara NSW telah digolongkan tidak berada dalam kekeringan atau baru pulih dari kekeringan.

Pemerintah Negara Bagian NSW telah mengumumkan alokasi dana tindakan tanggap darurat kekeringan lebih dari 1 miliar dolar AS.

"Kami telah melihat daerah kekeringan hanya ada sedikit perkembangan. Kami telah melihat daerah kekeringan yang intens semakin meluas," kata ahli iklim pertanian, Anthony Clark.

Selama sebulan terakhir intensitas curah hujan hanya kurang dari 10 milimeter di bagian barat, barat laut, dan tengah NSW. Peta itu menunjukkan bagaimana kekeringan besar di Australia mempengaruhi sejumlah wilayah yang berbeda di NSW.

Area berwarna merah menunjukkan kawasan yang berada dalam status  "kekeringan yang intens", daerah oranye berada di "musim kemarau" dan semua area lainnya masuk dalam kawasan "terdampak kekeringan ".

DPI mengatakan data tersebut menunjukkan sebagian kawasan di barat tengah telah mengalami masa terkering pada Juli lalu. Sementara itu, banyak kawasan di NSW mengalami musim gugur yang paling kering.

"Ini sulit, tidak ada orang di negara bagian ini yang tidak berharap hujan segera turun bagi petani dan masyarakat regional kami," kata Menteri Industri Primer NSW Niall Blair.

"Produsen kini menghadapi beberapa keputusan yang sangat sulit tentang apakah akan menanam benih rumput mereka sekarang atau menunggu potensi curah hujan dalam dua bulan ke depan untuk meningkatkan hasil produksi."

Clark mengatakan prospek tetap suram untuk banyak warga NSW. "Kemungkinan kondisi hangat dan kering ini berlanjut sedikit lebih tinggi," katanya.

Kekeringan parah

Ketua Asosiasi Industri Makanan Ternak Australia Frank McRae mengatakan, NSW praktis kehabisan pakan untuk hewan-hewannya. "Hampir tidak ada apa pun di NSW dan pasokan cepat mengering di Victoria selatan," kata McRae.

Ahli meteorologi dari Badan Meteorologi Australia (BOM) Jane Golding mengatakan setiap bagian dari NSW biasanya menerima hujan sepanjang Juni, Juli, dan Agustus.

"Tahun ini kami benar-benar belum turun hujan sepanjang bulan-bulan itu dan di periode yang saya curah hujan juga tidak terlalu banyak," katanya.

"Ini luar biasa kering dan juga luar biasa hangat yang memperparah masalah, sehingga suhu hangat mengeringkan tanah lebih banyak lagi."

BOM dan DPI mengatakan Australia timur tetap berada pada status waspada El Nino, yang akan mengurangi kemungkinan hujan yang signifikan selama musim semi.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-08-08/seluruh-wilayah-nsw-kekeringan/10091156
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement