Senin 19 Nov 2018 19:25 WIB

Bocah di Cina Pecahkan Rekor Dunia Sekaligus dengan Rubik

Que Jianyu memecahkan rekor dunia dengan berbagai cara saat menyelesaikan rubik.

Red: Nur Aini
Kubus Rubik
Foto: Antara
Kubus Rubik

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Banyak orang yang sudah berusaha memecahkan rekor dunia dalam kecepatan menyelesaikan permainan kubus Rubik. Namun, sekarang remaja berusia 13 tahun dari Cina Que Jianyu memecahkan rekor dunia menyelesaikan Rubik itu dengan berbagai cara.

Awal November, di hari Guinness World Records (GWR), Que Jianyu memecahkan rekor dunia dalam beberapa kategori khusus, termasuk satu rekor yang diciptakannya sendiri.

Que Jianyu memecahkan rekor mencatat waktu tercepat dalam menyelesaikan tiga Rubik sekaligus, menggunakan kaki dan tangan. Dua Rubik di tangan dan satu di kaki, rekor yang belum pernah dilakukan sebelumnya, dan semua itu bisa dilakukannya dalam waktu 96.39 detik.

Dia juga memecahkan rekor dunia dengan waktu tercepat menyelesaikan kubus Rubik ini dengan kepala menggelantung di bawah, dengan waktu 15,84 detik, lebih cepat satu detik dari rekor sebelumya.

Rekor dunia tercepat menyelesaikan Rubik ini dalam posisi berdiri atau duduk adalah 4,22 detik yang dipegang oleh warga Australia Feliks Zemdegs.

Rekor dengan badan menggantug dan kepala di bawah menurut Que Jianyu lebih berat dari yang diperkirakannya sebelumnya, dan dia mengakui perlu melatih kaki dan badannya untuk bisa melakukannya lebih cepat lagi.

Ini bukanlah kali pertama keberhasilan Jianyu dengan Rubik tersebut menarik perhatian dunia. Pada 2015, dia muncul di program televisi di Jerman Superkids dan menyelesaikan dua kubus Rubik dengan kaki dan tangannya.

Namun yang lebih mengagetkan lagi adalah ketika dia muncul tahun lalu di televisi Cina, ketika menyelesaikan kubus Rubik ini sambil melempar ketiga kubus itu bergantian ke udara.

Lalu sekarang apa lagi yang akan dilakukannya?

Menurut Jianyu, dia akan melakukan hal yang sama namun lebih cepat lagi.

"Ketika saya masih kecil, saya sama sekali tidak mengerti apa artinya sebuah mimpi." katanya kepada GWR.

"Kubus Rubiklah yang membuat mimpi saya menjadi lebih nyata, dan saya percaya saya memiliki kemampuan untuk mencapai hasil lebih baik di masa depan."

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-11-19/remaja-china-ini-terus-pecahkan-rekor-dunia-kubic-dengan-berbag/10510624
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement