Senin 31 Dec 2018 06:06 WIB

Pria Amerika Kelilingi Antartika Seorang Diri dalam 54 Hari

Beberapa orang lainnya telah melintasi Antartika dengan mendapatkan bantuan.

Red:
abc news
abc news

Seorang penjelajah Amerika berusia 33 tahun telah menjadi orang pertama yang melintasi Antartika sendirian dan tanpa bantuan.

 

Colin O'Brady menyelesaikan perjalanan 1.500 kilometer dalam 54 hari, menyeret perbekalannya dengan kereta luncur saat ia meluncur di suhu yang menusuk tulang.

"Saya berhasil!" ujar Brady sambil menangis saat menelepon keluarganya yang berkumpul di Portland untuk liburan, menurut sang istri, Jenna Besaw.

"Itu adalah panggilan telepon yang emosional. Ia tampak penuh cinta dan syukur, dan ia benar-benar ingin mengatakan 'Terima kasih' kepada kami semua."

O'Brady mendokumentasikan perjalanannya yang hampir seluruhnya menanjak - yang ia sebut 'The Impossible First' (upaya pertama yang mustahil) - di akun Instagram-nya.

Pada hari Rabu (26/12/2018), ia menulis bahwa dirinya menempuh 129 kilometer terakhir dalam satu perjalanan terakhir yang besar ke garis finish yang memakan waktu lebih dari satu hari penuh.

"Meski 32 jam terakhir adalah beberapa jam paling menantang dalam hidup saya, mereka sejujurnya adalah beberapa momen terbaik yang pernah saya alami," tulis O'Brady.

Sehari sebelumnya, ia mengunggah status bahwa ia "merasa bersemangat" dan berpikir dirinya bisa mencapai tahap akhir dalam sekali jalan.

"Saya mendengarkan tubuh saya dan memerhatikan semua untuk menjaga diri saya aman," tulisnya.

"Saya menelepon ke rumah dan berbicara dengan ibu, saudara perempuan dan istri saya - saya berjanji kepada mereka bahwa saya akan berhenti ketika saya harus berhenti."

Upaya sebelumnya

Meskipun beberapa orang lainnya telah melintasi Antartika, mereka mendapat bantuan dengan kiriman pasokan atau semacam parasut yang membantu mendorong mereka maju.

Pada tahun 2016, penjelajah Inggris, Henry Worsley, meninggal karena mencoba perjalanan solo tanpa bantuan melintasi Antartika, pingsan karena kelelahan menjelang akhir perjalanan.

Kapten Angkatan Darat Inggris, Louis Rudd, teman Worsley dan sesama petualang Inggris, saat ini tengah mencoba menjelajah solo tanpa bantuan untuk menghormati Worsley dan bersaing melawan O'Brady untuk menjadi yang pertama melakukannya.

Besaw mengatakan O'Brady berencana untuk tinggal di Antartika sampai Rudd menyelesaikan perjalanannya, diharapkan dalam beberapa hari ke depan.

 

"Ini adalah lingkungan yang sempit. Tujuannya adalah untuk menunggu Louis dan memiliki semacam momen perayaan dengan orang lain di planet ini untuk mencapai hal yang sama."

O'Brady menjelaskan secara terperinci suka duka perjalanannya sejak ia memulai penjelajahan pada tanggal 3 November. Ia harus mengangkut 170 kilogram peralatan dengan menanjak dan melewati sastrugi, atau punggung es yang menyerupai gelombang.

"Bukan hanya menarik ... bawaan saya sepanjang hari, tapi saya mengangkatnya dan melewati ribuan tonjolan sastrugi yang diciptakan oleh angin kencang," tulisnya dalam sebuah unggahan Instagram pada 12 November.

 

"Kadang-kadang ini adalah proses yang membuat frustasi."

Pada tanggal 18 November, ia menulis bahwa ia terbangun dan menemukan kereta luncurnya terkubur karena angin dan salju sepanjang malam. Hari itu ia bertarung melawan angin kencang dengan kecepatan 48 km/jam selama delapan jam saat ia berjalan dengan susah payah.

"Ada beberapa kali saya mempertimbangkan untuk berhenti, memasang tenda saya kembali dan menganggapnya hari yang buruk," tulisnya.

"Saya sempat ingin berhenti ketika merasa lelah dan sendiri, tapi mengingat semua semangat positif yang dikirimkan semua orang, saya mengambil napas dalam-dalam dan fokus mempertahankan kemajuan selangkah demi selangkah dan berhasil menyelesaikannya dalam sehari."

 

Besaw tak terlalu yakin apa langkah O'Brady, yang juga berhasil mencapai puncak Everest ini, selanjutnya.

"Kami sedang menikmati saat ini, merayakan ini sekarang. Lalu kami lihat apa yang akan terjadi selanjutnya."

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement