Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Debat Kedua, Abbott Minta Rudd Tutup Mulut

Selasa 27 Aug 2013 08:16 WIB

Red:

Kevin Rudd dan Tony Abbott

Kevin Rudd dan Tony Abbott

CANBERRA -- Pekan lalu, pemimpin oposisi Australia, Tony Abbott, melontarkan komentar pedas saat berdebat dengan Perdana Menteri Kevin Rudd. Ia terdengar bertanya apakah Rudd “pernah tutup mulut.”

Debat di forum publik yang dihadiri calon pemilih yang belum menentukan pilihannya tersebut, merupakan bagian masa kampanye pemilu 7 September nanti. Isu yang kerap dilontarkan dalam debat adalah isu kepercayaan terhadap pemerintah.

Rudd menekankan adanya ancaman berbagai penghapusan layanan dan pekerjaan bila nanti pihak Abbott menang, sementara Abbott berkomentar bahwa pemerintahan pihak Rudd, yaitu Partai Buruh, telah mengakibatkan “defisit kepercayaan". 

Rudd mendesak Abbott mengenai rencana oposisi untuk menerapkan cuti berbayar melahirkan, yang diperkirakan akan memakan biaya milyaran dollar.

Menurut Rudd, jawaban Abbott tidak masuk akal. Mendengar ucapan tersebut, Abbott berkomentar “Does this guy ever shut up?” (Apa orang ini pernah tutup mulut?). Rudd menimpali bahwa ia sedang melakukan teknik debat standar.

Setelah debat selesai, Abbott mengelak menjawab pertanyaan apakah komentarnya tersebut terlalu berani. Alih-alih, ia menuduh bahwa Rudd-lah yang malam itu bersikap menantang.

Debat tersebut diselenggarakan di Broncos Leagues Club, Brisbane, dihadiri sekitar 100 orang.

Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan penonton mencakup berbagai isu, termasuk kebijakan perlindungan perbatasan negara, lingkungan hidup, dan pemotongan dana layanan publik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA