Selasa 10 Sep 2013 07:15 WIB

Abbott Tekan Partai Buruh Soal Pajak Karbon

Red:
Pemerintahan Baru Australia
Pemerintahan Baru Australia

CANBERRA -- Perdana Menteri terpilih Tony Abbott mulai menekan Partai Buruh untuk meninjau ulang Pajak Karbon guna menghormati mandat Pemerintahan Koalisi.

Tony Abbott tiba di Canberra pagi  ini untuk memimpin pemerintahan baru, sejak kemarin Ia sudah mulai memerintahkan menterinya untuk menyusun legislasi guna pengganti skema Karbon Pajak.

Abbott mengatakan pemerintah federal belum akan menyimpulkan skema pengganti pajak karbon setidaknya sampai akhir Oktober atau awal November.

"Penekanan saya pada tujuan, metode, tenang, dan teliti.. hal terakhir yang akan saya lakukan adalah terburu-buru meminta dukungan parlemen untuk kesempatan berfoto bersama sebelum substansi kerja dilakukan dan tersedia,” kata Abbott.

Koalisi berhasil meraih 32 kursi mayoritas setelah bertarung mati-matian untuk menguasai kursi Partai Buruh dan independen dari Tasmania, New South Wales dan Victoria dalam Pemilu hari Sabtu kemarin.

Juru bicara Abbott's – yang tampaknya akan ditunjuk sebagai Menteri Lingkungan hidup -  Greg Hunt, mengatakan membatalkan pajak karbon  akan menjadi salah satu tugas yang akan diprioritas pemerintahan baru Abbott.

"Kita ingin menyusun rencana kerja yang pernah kami janjikan, dan satu-satunya pihak yang berdiri antara Australia dan tagihan listrik  yang lebih murah adalah Partai Buruh," Kata Hunt

Meski demikian , baik Partai Buruh maupun Partai Hijau telah mengidentifikasikan kalau mereka tidak akan mendukung wacana penghapusan skema  pajak karbon, dan  mereka juga memastikan tidak akan mendukung  petunjuk aksi Partai Koalisi untuk mengatasi perubahan iklim.

Anggota Parlemen Senior dari Partai Buruh, Chris Bowen mengatakan pendirian partainya masih tetap sama.

"Partai  Buruh yakin perubahan iklim itu masalah yang nyata," katanya.

"Partai Buruh yakin kita harus melakukan sesuatu untuk mengatasi perubahan iklim. Partai Buruh juga yakin mekanisme pasar adalah cara terbaik untuk melakukannya  dan kita tidak akan lari dari keyakinan tersebut."

Perpindahan Partai Buruh sebagai oposisi,  menyebabkan UU terkait skema karbon akan menghadapi kebuntuan di senat.

Jalan keluar  alternatif dari kebuntuan ini kemungkinan masih akan menunggu sampai para senator baru yang terpilih mulai bertugas Juli mendatang. Meskipun itu artinya proses negosiasi dengan kelompok yang kecewa termasuk Senator  Australia Selatan Nick Xenophon dan yang juga potensial, dua senator dari Partai Palmer United dan satu dari Partai Enthusiast Motoring Australia.

Abbott mengatakan Partai Buruh dan Partai Minoritas harus menghormati mandat pemerintahan baru.

"Pada akhrinya mereka harus menghormati mandat  pemerintahan baru negara ini dan parlemen harus bekerja dengan pemerintah hari ini agar bisa  mengimplementasikan mandat tersebut,” Kata Tony Abbott kepada radio Fairfax.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement