Jumat 25 Oct 2013 08:09 WIB

Gereja Katolik Victoria Dibanjiri Laporan Pelecehan Seksual

Red:
Gereja Katolik di Australia
Gereja Katolik di Australia

SYDNEY -- Laporan pelecehan seksual dan fisik terhadap anak-anak terus membanjiri Gereja Katolik Victoria di Melbourne, Australia, dengan 95 kasus yang diterima sepanjang tahun 2012. Kasus-kasus tersebut terjadi dalam rentang waktu tahun 1940 hingga 1990an.

Informasi yang dirilis pihak Gereja Katolik, Kamis (24/10), menyebutkan dari 95 kasus, 53 di antaranya telah ditangani oleh pihak gereja melalui program Towards Healing dan Melbourne Response.

Tujuh kasus yang hingga saat ini belum diselesaikan telah diserahkan ke polisi untuk ditindaklanjuti.

Jurubicara gereja, Pastor Shane Mackinlay mengatakan, seorang pendeta telah dibebastugaskan setelah adanya pengakuan salah seorang korban.

"Yang bersangkutan telah dibebastugaskan dan polisi dilibatkan untuk kasus ini," katanya.

Menurut Mackinlay adanya forum publik seperti penyelidikan yang dilakukan parlemen Victoria mendorong para korban untuk membuka kasusnya.

Komisaris Kepolisian Victoria Ken Lay mengatakan, pihaknya akan menyidik kasus-kasus baru yang dilaporkan. Ia minta pihak gereja membuka semua informasi yang diperlukan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement