Kamis 03 Apr 2014 16:00 WIB

Kaki Lebih Pendek dari Badan, Cocok Jadi Penyelam

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Seorang yang memiliki proporsi kaki yang lebih pendek dibandingkan ukuran badannya akan lebih sukses menjadi penyelam. Dengan ukuran badan yang lebih panjang dibandingkan kaki, seorang penyelam akan lebih mampu mengerahkan tenaga selama menyelam.

Demikian disampaikan Mike Marten, pelatih selam dari badan olahraga Australia Selatan (SASI). Saat ini SASI sedang mencari bibit baru penyelam di kalangan remaja.

Minggu lalu, para atlet berusia antara 8 hingga 13 tahun diundang menampilkan kemampuan menyelam mereka di pusat pelatihan yang terdapat di fasilitas rekreasi air Australia Selatan.

Para atlet muda tersebut menunjukkan keahlian terjun selam mereka dalam ruang latihan kering, di mana 'kolam' yang digunakan tidak berisi air, melainkan busa-busa berbentuk balok.

Pelatih selam utama SASI, Mike Martens, mencari atlet dengan bentuk tubuh tertentu.

"Bila badan mereka sedikit lebih panjang dibanding kaki mereka, mereka lebih bisa mengerahkan kekuatan dengan lebih baik,  jadi orang yang memiliki kaki sedikit lebih pendek dibanding badan - kalau kita bisa dapatkan yang seperti itu, itu ideal," ucapnya, belum lama ini.

Tapi, atlet dengan bentuk tubuh yang lain bukan berarti tak bisa ikut mencoba. Menurut Mike, keahlian senam pun penting.

Rachel Bugg, seorang penyelam olimpiade dari Adelaide, adalah salah satu pelatih yang akan menggembleng atlet-atlet muda itu nantinya.

Menurut Ross Todd, yang sudah menyelam selama tujuh tahun dan salah satu penyelam elit SASI, gampang sekali ketagihan olahraga satu ini.

"Anda keluar dari air, dan semua orang memberi tepuk tangan. Anda lihat videonya, dan luar biasa, anda tak percaya bahwa anda melakukan lompatan itu," jelasnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement