Rabu 15 Jun 2016 09:20 WIB

Taruna Australia Menang Lomba Pidato Bahasa Indonesia

Sean M. Gallagher adalah taruna di Akademi Pertahanan Australia di Canberra.
Foto:

Sementara itu Ashley Cook yang mendalami Bachelor of Letters: Indonesian dalam pidatonya mengatakan “Saya kira kata-kata Bhineka Tunggal Ika dari lambang Pancasila menggambarkan perbedaan-perbedaan budaya Indonesia, dan Indonesia berhasil mempersatukan rakyatnya".

Ashley merasakan pengalaman luar biasa dan tidak terlupakan ketika mengikuti program magang dan praktik singkat di Indonesia Corruption Watch (ICW). Program magang ini merupakan bagian dari program New Colombo Plan yang disponsori oleh Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australia.

Lain lagi dengan finalis lainnya, yaitu Tingting Luo, yang dalam pidatonya menceritakan pengalaman lucu terkait dengan perbedaan kata “pedas” di Australia dan di Indonesia. 

Tingting menceritakan ketika dia bersama rekan taruna Australian Defence Force Academy – UNSW lainnya mengikuti kursus bahasa di Yogyakarya, dia memesan makanan khas Yogya.

“Ketika penjual makanan bertanya apakah mau pesan yang pedas? Saya jawab ya, karena memang saya suka makanan pedas. Namun apa yang terjadi, ketika saya memakan makanan itu, rasanya seperti terbakar. Saya saat itu menghabiskan minuman lebih dari 5 gelas untuk menghilangkan rasa pedasnya," tuturnya.

“Ya begitulah. Rupanya kata pedas di Indonesia berbeda sekali dengan kata pedas di Australia,” katanya. Teman Tingting tentu saja mentertawakannya melihat dia kepedasan.

Sementara itu Jacinta Robinson yang berencana mendalami hukum internasional di Flinders University merupakan salah satu finalis lainnya. Dalam pidatonya Jacinta menyatakan pentingnya pengalaman mengunjungi Indonesia dalam mempraktikkan langsung bahasa Indonesia. 

“Dengan belajar bahasa Indonesia, saya dapat menjadi bagian dari Indonesia. Bahasa menghubungkan kita sebagai manusia dan membuka pintu untuk pemahaman kebudayaan juga,” katanya. 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/studi-nad-inovasi/taruna-australian-juara-pidato/7508104
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement