Rabu 15 Jun 2016 09:20 WIB

Taruna Australia Menang Lomba Pidato Bahasa Indonesia

Sean M. Gallagher adalah taruna di Akademi Pertahanan Australia di Canberra.
Foto:

Jacinta sangat yakin dengan mempelajari bahasa dan budaya Indonesia, dapat mengurangi kesenjangan budaya karena orang Australia dapat memahami nilai-nilai masyarakat Indonesia dan dapat menanggapi lebih tepat perbedaan budaya yang ada antara kedua negara.

Sementara itu Emily Roane yang mengambil beberapa mata kuliah bahasa Indonesia di Monash University, dalam pidatonya mengatakan "Belajar bahasa Indonesia mempermudah saya berkomunikasi dan bertemu dengan lebih banyak orang dan melakukan perjalanan ke Indonesia untuk mempelajari kebudayaannya."

Emily ketika duduk di bangku SMA pernah mengikuti studi tur ke Bali dan Yogyakarta. "Bahkan dengan hanya mempelajari bahasa Indonesia selama empat tahun di sekolah menegah, saya berkesempatan mengunjungi Indonesia dengan teman-teman sekelas dan guru saya pada 2012, tetapi sayangnya setelah itu saya belum pernah lagi berkunjung ke Indonesia," kata Emily Roane.

Dalam lomba pidato ini selain Sean M Gallagher, Ashley Cook, Tingting Lou, Jacinta Robinson dan Emili Roane, peserta lain yaitu Gabriele Hannah Pearl Jack mahasiswa Latrobe University, Emily Louise Yule mahasiswa Monash University dan Jack McGregor Johnstone mahasiswa Monash University yang merupakan perwakilan dari negara bagian Victoria juga akan mendapatkan piagam perhargaan dan hadiah dari KBRI.

Selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan di KBRI Canberra, saya sangat mendukung perlombaan seperti ini. Penghargaan dan hadiah bagi generasi muda Australia yang mempelajari bahasa Indonesia akan membantu meningkatkan minat mempelajari bahasa Indonesia sebagai salah satu upaya untuk  menjadikan kembali bahasa Indonesia sebagai bahasa asing utama di Australia. 

Tentu saja Sean dan Ashley yang akan mewakili Australia pada peringatan HUT RI ke-71 di istana negara dan juga pengalaman selama mengikuti program ini di Indonesia nanti, akan membuat mereka bangga.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/studi-nad-inovasi/taruna-australian-juara-pidato/7508104
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement