Rabu 06 Jul 2016 06:17 WIB

Perlu Sebulan untuk Mengetahui Hasil Lengkap Pemilu Australia 2016

Suara untuk pemilihan anggota Senat sedang dirapikan di daerah pemilihan Petrie di Australia Barat.
Foto: abc
Suara untuk pemilihan anggota Senat sedang dirapikan di daerah pemilihan Petrie di Australia Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Komisi Pemilihan Umum Australia (AEC) mengatakan diperlukan waktu satu bulan untuk mengetahui dengan pasti hasil pemilihan umum tahun 2016.

Saat ini hasil sementara menunjukkan tidak ada pemenang, dimana baik Partai Koalisi (Liberal dan National), maupun Partai Buruh belum memiliki kursi yang cukup untuk membentuk pemerintahan mayoritas. Partai yang memiliki mayoritas harus memiliki 76 kursi. Sejauh ini Koalisi dan Buruh sampai Senin (4/7) masih memiliki kursi di bawah 70.

Dengan sekitar 75 persen suara sudah dihitung, Australia besar kemungkinan akan menghadapi situasi parlemen gantung (hung parlemen), dimana tidak ada satupun partai memiliki mayoritas.

Juru bicara AEC Phil Diak mengatakan lebih dari 11 juta suara untuk pemilihan anggota DPR sudah dihitung Sabtu (2/7), namun diperlukan waktu sampai satu bulan untuk menyelesaikan penghitungan suara sisanya.

"Tampak ada pola yang kuat bahwa diperlukan waktu sekitar 1 bulan untuk menyelesaikan penghitungan bagi DPR dan Senat. AEC tidak akan mengumumkan suara untuk kursi tertentu sampai suara untuk yang menang tidak akan bisa dikejar oleh sisanya secara matematis" kata Diak kepada ABC News Breakfast.

"Jadi itu berarti akan diperlukan waktu lebih lama, sebelum seseorang bisa menyatakan menang, atau ada pihak yang mengaku kalah."

Dia mengatakan AEC akan memberikan fokus ekstra di daerah pemilihan yang pertarungannya sangat ketat sehingga penghitungan bisa dilakukan secepat mungkin. Penghitungan suara untuk anggota DPR baru akan dimulai lagi Selasa (5/7).

Diak mengatakan penghitungan suara Sabtu adalah untuk anggota DPR, bagi mereka yang memberikan suara di TPR dan pemberian suara lebih awal. Juga ada penghitungan bagi pilihan pertama bagi anggota Senat. Diak mengatakan juga akan ada penghitungan hari Senin bagi pemilih mobile, dimana tim AEC mendatangi pemilih yang tidak bisa mendatangi TPS, dan suara awal Senat juga akan dihitung hari Senin.

Namun Diak mengatakan masih ada suara yang dikirim lewat pos dan suara yang tidak memiilih, yang masih harus dikirim ke daerah pemilihan masing-masing sebelum penghitungan bagii DPR dilakukan hari Selasa.

"Kami harus melakukan apa yang disebut deklarasi perubahan suara, dimana suara lewat post dan mereka yang tidak memilih, yang tidak dihitung kemarin, sekarang dikumpulkan dan dipaketkan. Ini adalah tugas besar dan harus dilakukan dengan hati-hati sebelum penghitungan apa pun dimulai," katanya.

Lebih dari satu juta suara lewat pos sudah diserahkan ke AEC, dan suara lainnya masih diterima bila mereka mendapatkan kiriman sampai 13 hari setelah pemilu.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/hasil-pemilu-australia-baru-lengkap-satu-bulan-lagi/7567402
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement