Jumat 08 Jul 2016 14:17 WIB

Pemerintah Koalisi Australia Mungkin Dapat Kursi Mayoritas

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.
Foto: AP Photo/Rob Griffith
Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Pakar pemilu ABC Antony Green sekarang memperkirakan partai koalisi Australia akan mendapatkan sedikitnya 73 kursi di parlemen, dan semakin dekat kemungkinan mendapat 76 kursi untuk menjadi mayoritas.

Penghitungan suara masih terus dilakukan di beberapa daerah pemilihan dengan sistem penghitungan yang rumit, sehingga hasil keseluruhan belum segera bisa diketahui.

Pada Selasa (5/7), hasil di komputer pemilu ABC diperbarui dengan perkiraan kursi di daerah pemilihan Petrie di Brisbane, dan kursi Grey di Australia Selatan akan tetap untuk partai pemerintah.

Dengan itu, partai koalisi (yang terdiri dari Partai Liberal dan Partai Nasional) mendapatkan 70 kursi, sementara Partai Buruh tetap 67 kursi.

Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan tetap yakin pemerintah akan mendapatkan kursi mayoritas dan Antony Green mengataakn kepada Radio National ABC hal itu masih mungkin terjadi.

"Saya kira mereka bisa mendapatkan 76 kursi. Sebanyak 73 pasti, 74 juga mungkin, 75 juga begitu, 76 kemungkinan lebih kecil," katanya.

Diperkirakan baik partai Koalisi maupun partai Buruh tidak akan bisa mendapatkan kursi mayoritas dan jalur komunikasi tetap dibuka dengan anggota parlemen dari partai lainnya. Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce mengatakan  dia masih yakin Koalisi akan mencapai mayoritas tipis, seperti yang dikatakan oleh PM Turnbull sehari sebelumnya.

"Masih ada suara lewat pos yang belum dihitung, kami melihat kecenderungan suara lewat pos, kami melihat berapa banyak suara kami tertinggal sekarang ini, dan bila tren itu konsisten, analisa kami menunjukkan kami akan akhirnya menang, dan itu artinya kami mendapatkan 76 kursi." kata Joyce kepada jaringan televisi Channel Nine, Rabu (6/7).

Di saat suara yang masuk semakin banyak, pakar pemilu ABC Antony Green mengatakan kemenangan mayoritas partai Koalisi kemungkinan tidak akan terjadi.

"Kemungkinannya adalah mayoritas yang sangat tipis oleh Koalisi atau parlemen gantung. Koalisi akan mendapatkan kursi lebih banyak dari Buruh," katanya sambil menambahkan Koalisi kecil kemungkinan mendapatkan kursi mayoritas.

Pihak koalisi sekarang sudah mendapatkan tiga kursi lebih banyak dari Partai Buruh, dengan suara tambahan sudah selesai dihitung.

Calon Partai Nasional Luke Howarth bersaing ketat dengan calon Partai Buruh Jacqui Pedersen di kursi marjinal Petrie di Brisbane Utara, namun sekarang sudah lebih unggul. Howarth mengatakan dia masih terus memantau penghitungan dengan seksama.

"Kami sudah unggul 1.200 suara lebih, dimana ini sudah lebih banyak dari keunggulan suara yang saya peroleh di pemilihan 2013, jadi ini sangat positif. Kami biasanya menang di suara lewat pos, jadi dengan penghitungan tambahan, kami sangat optimistis," katanya.

Sebelumnya, kursi di daerah pemilihan Grey di Australia Selatan, berubah dari status 'masih diragukan' menjadi 'kemenangan untuk calon inkumben dari Partai Liberal.

Perubahan ini berarti Koalisi mendapatkan 70 kursi sementara Buruh 67 krusi, dengan 80 persen suara sudah dihitung. Masih ada 8 kursi yang belum ada pemenangnya.

Anggota parlemen Liberal Rowan Ramsey yang menduduki kursi di Grey diperkirakan akan mendapat suara 51,2 persen, sementara calon dari Nick Xenophon Team Andrea Broadfoot mendapatkan 48,8 persen.

Namun Broadfoot belum mau mengakui kalah, dengan mengatakan bahwa suara dari TPS Port Pirie dan Whyalla belum akan dihitung sampai hari Jumat, sehingga suara masih mungkin berubah.

"Masih ada suara dari TPS besar yang belum dihitung, dan kami memperkirakan suara akan berubah dengan suara dari berbagai TPS itu masuk ke dalam sistem. Kami cukup yakin kami akan menang, dan bahkan bila cuma menang satu suara, kami akan senang menjadi wakil dari Grey," kata Broadfoot.

Daerah pemilihan yang berada di kawasan regional Australia Selatan ini secara tradisional adalah kursi partai Liberal, dimana Ramsey sudah menjadi anggota parlemen sejak 2007.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/partai-koalisi-sudah-dapat-73-kursi,-mungkin-jadi-pemerintah-ma/7573048
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement