Kamis 08 Dec 2016 07:45 WIB

Beberapa Cara Menghindari Sambaran Petir

Rep: Samantha Turnbull/ Red:
abc news
Foto: abc news
abc news

Hari Rabu, terjadi 39 ribu sambaran petir di negara bagian Queensland, dan di musim panas seperti sekarang ini, di Australia sering terjadi badai angin yang kadang disertai sambaran petir. Bagaimana cara untuk menghindari sambaran petir tersebut?

Pakar dari program ‘ABC science’, Dr Karl Kruszelnicki mengatakan sedikitnya ada 100 kali sambaran petir setiap detiknya yang terjadi di seluruh dunia dan mengakibatkan 100 kematian setiap tahunnya.

Menurutnya tempat teraman selama terjadinya badai listrik ini adalah berada di dalam ruangan.

Jika anda berada di dalam ruangan

Jika anda berada didalam ruangan, Biro Prakiraan Cuaca menyarankan agar mencabut semua peralatan elektronik sebelum terjadi badai petir.

Dr Kruszelnicki mengatakan secara khusus yang paling penting adalah menjauh dari telepon selama badai petir berlangsung.

Cahaya halilintar yang menyambar di Kota taroom di Barat Daya Queensland pada 25 Oktober 2009.
Cahata halilintar menyambar di Barat Daya Queensland.

Dave Newton: User submitted

"Jika anda memiliki telepon darat yang dihubungkan dengan kabel sambungan teleponnya, petir dapat menyambar dimana saja di sepanjang kawat telepon itu tergantung bagaimana kabel itu dibentangkan (di bawah tanah atau di atas tanah), "kata Dr Kruszelnicki.

"Telstra (perusahan telkom utama Australia)tidak memperingatkan ada kasus ada orang yang terluka karena menggunakan telepon yang menggunakan sambungan kabel.”

"Anda harus mematikan semua peralatan listrik anda, bahkan mencabut dari saklarnya.”

Biro meteorologi juga menyarankan siapa saja yang berada didalam ruangan untuk menutup semua jendela dan pintu dan menjauh dari tempat-tempat yang terbuka seperti tungku perapian.

Dr Kruszelnicki mengatakan tempat paling aman ketika terjadi badai petir dalah berada di bagian tengah gedung.

Baik Biro Meteorologi dan Dr Kruszelnicki juga menyarankan agar warga jangan mandi ketika badai petir berlangsung karena air dan besi merupakan konduktor atau penghantar listrik.

Halilintar di Darwin
Tempat paling aman selama terjadinya badai petir adalah berada di dalam bangunan, menjauh dari perapian dan tutup jendela dan pintu rumah.

ABC TV

Jika anda berada di luar ruangan

Biro Meteorologi mendesak orang-orang untuk mencari tempat berlindung di dalam kendaraan atau gedung jika dimungkinkan.

Seorang pria tewas dan seorang wanita terluka saat tengah berkemah di bawah sebuah pohon yang disambar petir di New South Wales Utara Selasa pagi ((6/12) kemarin.

Seorang petani dari Fernleigh, sekitar 80 kilometer sebelah selatan Mt Warning, juga dilaporkan kehilangan 5 ekor lembu jantan akibat sambaran petir ketika terjadi badai yang dimulai pada Senin (5/12) malam.

Biro cuaca mengingatkan untuk tidak berlindung di bawah benda tinggi seperti pohon atau tiang.

Dr Kruszelnicki mengatakan jika tidak tersedia tempat berlindung yang aman, orang harus berkerumun membentuk lingkaran dalam posisi berdiri.

"Merunduklah sehingga tinggi anda menjadi kurang lebih setengah meter dan rapatkan kaki-kaki anda sehingga anda menjadi titik kontak tunggal,” paparnya.

Biro cuaca juga mendesak orang-orang dalam kelompok untuk menyebar dan berdiri dengan jarak beberapa meter satu sama lain.

Air dan benda-benda yang menghantarkan listrik (klub golf, payung dan pagar logam misalnya) juga harus dihindari.

Jika anda didalam kendaraan

Halilintar di Darwin
Tempat paling aman selama terjadinya badai petir adalah berada di dalam bangunan, menjauh dari perapian dan tutup jendela dan pintu rumah.

ABC TV


Dr Kruszelnicki mengatakan kendaraan merupakan tempat yang lebih aman ketimbang berada di luar ruangan [ketika terjadi badai petir].

Namun demikian, dia menegaskan ketika berada didalam kendaraan jangan menyentuh dinding kendaraan.

"Di dalam sebuah kendaraan dengan karoseri yang terbuat dari besi, itu akan berfungsi sebagai kandang faraday (sebuah ruang tertutup yang terbuat dari bahan-bahan penghantar listrik. Ruangan itu mampu merintangi medan listrik statik eksternal},” katanya.

"Petir akan menyambar mobil dan akan merambat ke seluruh bagian mobil dan akan melewati Anda.

"Tapi saya akan tetap memilih berada di tengah kendaraan dan bahkan pergi ke kursi belakang dan bersembunyi di lantai, atau meratakan kursi depan serta berusaha untuk berada di tengah kendaraan.

Biro cuaca juga menyarankan untuk menjaga agar jendela dan pintu kendaraan anda tertutup, dan tidak parkir di bawah pohon atau benda tinggi lainnya.

Lembaga ini juga mendorong orang untuk waspada terhadap jaringan listrik yang padam yang mungkin menyentuh kendaraan mereka.

Hindari daerah di mana pernah terjadi sambaran petir

Dr Kruszelnicki mengatakan hal ini penting untuk diingat karena petir sering melanda lokasi yang sama berulang-ulang.

"Orang salah ketika mereka mengatakan petir tidak pernah menyerang dua kali, pada kenyataannya sebaliknya pernyataan itu benar adanya, petir suka menyerang dua kali di tempat yang sama," katanya.

"Misalkan Anda memiliki gunung, lembah, dan angin, maka badai petir akan cenderung mengikuti pola yang sama tahun demi tahun.”

"Dalam perjalanan saya di pinggiran kota Sydney, tetangga saya ada yang rumahnya tersambar petir melalui jendela depan dua kali dalam enam tahun.

"Seorang petugas taman nasional di Amerika Serikat sudah 7 kali tersambar petir, benar-benar pria yang malang.”

Diterjemahkan pada pukul 23:00 WIB, 7/12/2016, oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement