Selasa 05 Jun 2018 21:29 WIB

Apple Luncurkan Aplikasi Batasi Waktu Penggunaan Ponsel

Apple dituduh menyebabkan kecanduan menggunakan ponsel.

Red: Nur Aini
Ponsel pintar produk Apple (ilustrasi).
Foto: Youtube
Ponsel pintar produk Apple (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Apple meluncurkan alat baru untuk membantu orang mengendalikan penggunaan ponsel cerdas mereka. Hal itu dilakukan setelah menghadapi tuduhan bahwa teknologinya "menyebabkan kecanduan (adiktif)".

Alat yang disebut Screen Time akan membuat laporan aktivitas harian dan mingguan. Raksasa teknologi terseut mengumumkan pada Senin (4/6) di Konferensi Pengembang Seluruh Dunia di San Jose, Amerika Serikat.

Laporan akan memerinci berapa lama Anda menghabiskan dalam suatu aplikasi, berapa banyak pemberitahuan yang Anda terima, dan seberapa sering Anda memegang perangkat Anda. Pengguna juga dapat mengatur batas waktu pada aplikasi tertentu.

Orang tua akan mendapatkan lebih banyak informasi dan pengawasan, termasuk kemampuan untuk melihat laporan aktivitas anak mereka dari perangkat mereka sendiri. Mereka juga dapat menjadwalkan waktu (sekitar waktu tidur, misalnya) agar aplikasi tertentu tidak dapat digunakan. Perubahan tersebut akan diluncurkan sebagai bagian dari sistem operasi baru Apple, iOS 12.

Dalam menghadapi "detox digital" dan kecemasan tentang bagaimana kita menggunakan perangkat, Silicon Valley tampak bersemangat untuk menunjukkan itu diperbarui. Google mengumumkan perubahan serupa pada perangkat lunaknya pada Mei, termasuk dasbor yang menampilkan aplikasi tempat pengguna menghabiskan waktu paling banyak dan pengingat istirahat untuk YouTube.

Apple dan mitra Silicon Valley-nya baru-baru ini dipaksa membela diri. Hal itu menyusul keluhan bahwa perangkat dan perangkat lunak mereka dirancang untuk digunakan secara kompulsif.

Pada bulan Januari, dua pemegang saham utama Apple mendesak perusahaan untuk mengatasi masalah "kecanduan ponsel pintar" di antara anak-anak.

"Apple dapat memainkan peran yang menentukan dalam memberi isyarat kepada industri yang memberi perhatian khusus pada kesehatan dan pengembangan generasi berikutnya adalah bisnis yang baik dan hal yang benar untuk dilakukan," tulis Jana Partners LLC dan Sistem Pengawasan Guru Negara Bagian California menulis, dalam sebuah surat terbuka.

Statistik mendukung kekhawatiran mereka. Pew Research baru-baru ini menemukan bahwa 45 persen remaja Amerika sekarang mengatakan mereka online secara "hampir-konstan".

Banyak pengguna ponsel cerdas Australia juga "merasa kecanduan" pada ponsel cerdas mereka, menurut Telsyte Australian Digital Consumer Study 2018. "Tidak mengherankan jika produsen ponsel pintar mencari untuk membangun kontrol penggunaan di perangkat mereka, mengingat tingginya tingkat kecanduan yang dilaporkan sendiri oleh pengguna," kata pemimpin Telsyte Foad Fadaghi

Pendapat berbeda tentang apakah kecanduan teknologi bisa menjadi diagnosis klinis. James Kesby, seorang peneliti di Queensland Brain Institute, mengatakan ada beberapa kelompok pendapat dalam komunitas medis.

"Beberapa orang percaya bahwa kecanduan bisa apa pun yang Anda lakukan berlebihan ke titik di mana itu adalah konsekuensi negatif bagi hidup Anda," katanya.

"Sulit untuk menarik garis itu secara jelas untuk hal-hal yang bersifat eksternal, seperti elektronik."

Andrew Campbell, ketua Cyberpsychology Research Group di Sydney University, melihat orang tidak kecanduan pada teknologi. Sebaliknya, mereka menampilkan perilaku obsesif ketika datang ke fungsi online tertentu, seperti media sosial - alat yang menyediakan pengguna dengan "penghargaan" dalam bentuk atau repost, suka atau retweet.

Simak artikel ABC Science dalam Bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-06-05/apple-ingin-anda-kurangi-waktu-dengan-ponsel/9836024
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement