Jumat 12 Apr 2019 00:18 WIB

Lansia di Panti Jompo Australia Alami Penganiayaan

Sejumlah panti jompo di Australia Selatan dipasangi kamera CCTV.

Red: Nur Aini
Ilustrasi Lansia
Foto: pixabay
Ilustrasi Lansia

REPUBLIKA.CO.ID, ADELAIDE -- Sejumlah panti jompo di Australia Selatan akan dipasangi kamera CCTV, sebagai upaya perlindungan bagi para lansia yang dilaporkan mengalami pelecehan dan penganiayaan.

Pemerintah sebelumnya telah membentuk komisi khusus (Royal Commission) yang diberi tugas menyelidiki meningkatnya kasus penganiayaan dan pelecehan yang dialami para lansia di panti jompo. Dalam satu kejadian di Adelaide, kamera tersembunyi di sebuah panti jompo menangkap adegan ketika seseorang berusaha mencekik seorang kakek berusia 89 tahun.

Baca Juga

Menteri Urusan Perawatan Lansia Ken Wyatt menjelaskan, pemasangan CCTV dimaksudkan untuk memastikan keselamatan para lansia.

Menteri Utama (Premier) Australia Selatan Steven Marshall secara terpisah mengatakan pihaknya bekerja sama dengan perusahaan pengawasan panti jompo dari Inggris Raya.

"Melindungi warga Australia Selatan yang paling rentan itu adalah salah satu prioritas tertinggi pemerintahan saya," katanya.

Dalam tahap uji coba ini, kamera CCTV hanya akan diaktifkan di kamar penghuni yang setuju untuk itu. Namun kamera lainnya akan dipasang di area umum fasilitas panti jompo, kecuali kamar mandi.

Pihak keluarga akan dapat menyaksikan orangtua mereka di panti jompo, melalui aplikasi di HP mereka.

"Saat ini kami memberi mereka waktu tiga menit setiap dua jam untuk melakukan itu," kata Scott Sterling dari perusahaan pengawasan tersebut.

Kamera akan dipantau sepanjang waktu di kantor Care Protect di Irlandia, sementara video dan audio akan disimpan selama 90 hari.

Seorang warga bernama Noleen Hausler berhasil menangkap tindakan pelecehan terhadap ayahnya di panti Mitcham Residential Care Facility di Adelaide setelah dia memasang kamera pengintai di kamar ayahnya. Dia setuju dengan langkah pemerintah memasang CCTV.

"Ini menyangkut mereka yang tak dapat berbicara untuk diri sendiri, mereka yang secara hukum lemah, jadi kamera yang dipasang bukanlah untuk semua orang," katanya.

Pekan ini seorang anak di negara bagian Victoria yang ibunya tinggal di panti jompo menggugat panti tersebut ke pengadilan. Dia menuding pihak pengelola panti gagal melindungi ibunya dari predator yang melakukan pelecehan seksual terhadapnya.

Ibu bernama Jessie Jackson (89) yang menderita demensia itu diserang secara seksual oleh pria yang juga penghuni panti Bupa Woodend di pinggiran Kota Melbourne. Rekaman CCTV menunjukkan bagaimana pelaku bernama Sean Mulcahy menggerayangi Jessie Jackson. Perbuatan Mulchay terlihat oleh pegawai panti yang segera melapor ke pihak berwajib.

Lihat berita ini selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini

Simak berita menarik lainnya dari ABC Indonesia.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2019-04-11/banyak-penganiayaan-lansia,-panti-jompo-diwajibkan-pasang-cctv/10994236
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement