Senin 13 May 2019 18:08 WIB

Youtuber Asal AS Kehilangan 2,6 Juta Follower dalam 3 Hari

Youtuber asal AS, James Charles kehilangan follower akibat berseteru dengan vlogger.

Red: Nur Aini
YouTube
Foto: EPA
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Bintang YouTube asal AS, James Charles, telah kehilangan 2,6 juta pengikut (subscriber) dalam tiga hari setelah perselisihan secara terbukanya dengan sesama vlogger.

Menurut situs Social Blade, pemuda berusia 19 tahun, yang mengunggah tutorial makeup dan ulasan kecantikan ke YouTube, ini memiliki lebih dari 16,5 juta pengikut di Youtube sebelum pertikaiannya dengan Tati Westbrook membuat jumlah pengikutnya anjlok menjadi 13,9 juta.

Baca Juga

Westbrook adalah mentor Charles, dan Charles - yang menjadi duta besar pria pertama untuk Covergirl pada tahun 2016, bahkan mendandani Westbrook pada hari pernikahannya pada 2017.

Jumlah pengikutnya tampak merosot setelah pengguna media sosial memihak Westbrook, yang keberatan dengan konten yang telah diunggah Charles.

Di saat jumlah pengikut akun YouTube Charles turun, jumlah pengikut Westbrook justru melonjak. Ia memperoleh 2,9 juta pengikut baru selama tiga hari, menurut Social Blade.

Perseteruan antara pasangan itu dimulai pada 22 April, ketika Charles mengunggah video ke Instagram untuk Sugar Bear Hair, vitamin berbentuk permen, saat berada di festival musik Coachella. Suplemen itu adalah pesaing langsung produk Westbrook, Halo Beauty.

Tak lama setelah klip itu diunggah, Westbrook mengunggah video miliknya ke Instagram, di mana ia berkata ia merasa "tak mengerti" dan "dikhianati" oleh seseorang, meskipun ia tak menyebutkan siapa orangnya.

Setelah video Westbrook ditayangkan, Charles mengunggah pernyataan ke Instagram story-nya sebagai tanggapan, membenarkan bahwa video itu merujuk kepadanya.

Ia menulis: "Saya ingin meminta maaf secara terbuka kepada teman dekat saya, Tati".

"Ia sudah seperti ibu bagi saya sejak hari pertama saya di industri ini dan telah memberi saya lebih banyak cinta, dukungan, sumber daya, dan saran daripada yang pernah saya minta."

"Akhir pekan ini saya membuat Instagram story untuk vitamin tidur yang telah saya konsumsi karena merek tersebut membantu saya dengan keamanan ketika kerumunan di sekitar saya di Coachella menjadi tidak aman."

"Saya tidak menerima uang dari postingan ini."

Namun, pernyataan itu bukan akhir dari perdebatan.

Serangan tuduhan

Setelah Westbrook dituduh melakukan intimidasi terhadap Charles oleh blogger YouTube lainnya, Gabriel Zamora, perempuan 37 tahun itu mengunggah video YouTube berdurasi 43 menit berjudul "BYE SISTER" pada 10 Mei, yang merinci perseteruan dengan Charles dari sudut pandangnya, serta keputusannya untuk memutuskan persahabatan mereka.

Klip itu berisi komentar Westbrook yang menuduh Charles "dibeli".

Ia berkata: "Ketika kamu bekerja sama dengan pesaing nomor satu saya, itu memalukan bagi saya dan kamu tahu itu."

"Kamu terus mengatakan kamu tak bisa dibeli, tetapi kamu baru saja melakukannya."

Westbrook juga menuduh Charles telah mencoba memengaruhi seksualitas seseorang.

"Percakapan telepon terakhir saya dan James Charles, adalah ketika ia mengatakan sesuatu tentang situasi yang terjadi pada hari ulang tahun saya di Seattle."

"Ya Tuhan, kamu mencoba menipu pria heteroseksual agar mengira ia gay, dan malahan lagi -dan entah bagaimana kamu adalah korbannya."

"Hal yang benar-benar menjijikkan untuk memanipulasi seksualitas seseorang, terutama ketika mereka masih bertumbuh dewasa dan masih dalam pencarian."

Ia menambahkan: "Kamu menggunakan ketenaran, kekuasaan, dan uangmu untuk bermain dengan emosi orang."

"Aku tak ingin berteman denganmu. Aku tak ingin berhubungan denganmu."

Charles berada di Australia membuka toko pop-up di Pacific Fair di Gold Coast ketika video terbaru Westbrook ditayangkan.

Ia memposting klip sebagai tanggapan yang secara khusus membahas komentar terakhir Westbrook tak lama setelah itu.

Ikuti berita-berita lain di situs ABC Indonesia.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2019-05-13/berselisih-online-vlogger-ini-kehilangan-26-juta-pengikut-yot/11109094
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement