Jumat 07 Jun 2019 21:15 WIB

Australia Sita Obat Terlarang senilai 840 juta Dolar AS

Obat-obatan terlarang itu ditemukan selama pemindaian x-ray.

Rep: Idealisa Masyafrina/ Red: Muhammad Hafil
Barang bukti narkoba, ilustrasi
Foto: Yudhi Mahatma/Antara
Barang bukti narkoba, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Otoritas Australia menemukan hampir 1,6 ton metamfetamin,  tersembunyi di dalam speaker dalam pengiriman di pelabuhan Melbourne.

Obat-obatan, bernilai sekitar 840 juta dolar AS itu, tiba dari Bangkok melalui laut. Polisi juga menemukan lebih dari 80 pon heroin bernilai sekitar 13 juta dolar AS dalam paket tertutup rapat di dalam speaker.

Baca Juga

Sebuah pernyataan polisi mengatakan obat-obatan terlarang itu ditemukan selama pemindaian x-ray ketika "anomali" terdeteksi.

"Ini adalah metamfetamin terbesar yang pernah kami lihat di negara ini dan menunjukkan tidak hanya sifat kurang ajar dari mereka yang terlibat dalam kegiatan kriminal ini, tetapi tekad ABF di Victoria dan di seluruh negeri untuk menghentikan impor ini," kata Komandan Regional Australia Border Force (ABF) di Victoria, Craig Palmer, dalam pernyataan itu, dilansir Time, Jumat (7/6).

Sejauh ini belum ada penangkapan terkait penyusupan obat terlarang ini. Komandan Polisi Federal Australia Peter Bodel mengatakan "Seandainya obat-obatan itu tidak ditemukan, efek obat-obatan ini terhadap masyarakat dan keluarga akan sangat mendalam," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement