Ahad 07 Oct 2018 00:46 WIB

Kecelakaan Truk Tangki BBM di Kongo, 50 Orang Tewas

Kecelakaan terjadi tepatnya di wilayah sekitar desa Mbuta, 130 km dari Kinshasa.

Rep: Puti Almas/ Red: Israr Itah
Truk tangki BBM terbakar. (ilustrasi)
Foto: Humas Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek,
Truk tangki BBM terbakar. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KINSHASA — Kecelakaan antara truk tangki yang memuat bahan bakar minyak (BBM) dengan sebuah kendaraan terjadi di Kongo, Sabtu (6/10). Dalam kejadian ini, setidaknya 50 orang tewas dan 100 lainnya mengalami luka bakar serius. 

Wakil Gubernur Provinsi Kongo Tengah, Atou Matubuana Nkuluki mengatakan pihak berwenang telah melakukan penanganan terhadap korban semaksimal mungkin. Kecelakaan terjadi tepatnya di wilayah sekitar desa Mbuta, 130 km dari Ibu Kota Kinshasa. 

“Kami berduka atas meninggalnya 50 orang dalam kejadian ini dan para korban yang mengalami luka bakar tingkat dua,” ujar Nkuluki, dikutip dari PressTV, Sabtu (6/10). 

Selama ini, Kongo dikenal sebagai negara dengan fasilitas jalan yang buruk. Telah bertahun lamanya kondisi jalanan yang dilalui kendaraan tidak terawat dengan baik akibat situasi konflik dan ketidakawasan pemerintah negara Afrika Tengah itu.

Kejadian yang berhubungan dengan buruknya fasilitas jalan di Kongo juga tercatat terjadi pada 2010. Saat itu setidaknya 230 orang tewas akibat mobil tangki bahan bakar yang terbalik dan meledak. Kebakaran kemudian menyebar ke rumah-rumah di sekitar lokasi kejadian, serta bioskop yang saat itu banyak dikunjungi warga setempat untuk menonton piala dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement