Rabu 17 Oct 2018 11:02 WIB

AS Serang al-Shabaab, 60 Militan Tewas

Serangan berlangsung pada Jumat dan Sabtu pekan lalu.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Gerilyawan Ash-Shabaab, yang menguasai Somalia.
Foto: Reuters
Gerilyawan Ash-Shabaab, yang menguasai Somalia.

REPUBLIKA.CO.ID, MUDUG -- Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan udara terhadap kelompok teroris al-Shabaab di Somalia. Serangan tersebut terjadi pekan lalu pada Jumat dan baru dirilis dengan jumlah korban 60 militan pada Rabu (17/10).

Serangan tersebut diluncurkan atas dasar koordinasi dengan pemerintah federal Somalia. Para teroris al-Shabaab berada di dekat komunitas Harardere di Provinsi Mudug di Somalia Tengah saat serangan udara menimpa mereka.

"Kami mengidentifikasikan serangan udara ini tidak melukai ataupun membunuh warga sipil," ujar pemerintah dari Komando Afrika dalam sebuah pernyataan yang dimuat laman Anadolu Agency.

Baca juga, Pentagon Serang Al-Shabab, 150 Militan Tewas.

Serangan tersebut diketahui sebagai serangan udara terbesar kedua sejak serangan pada November 2017 lalu. Sebanyak 100 militan al-Shabaab tewas dalam serangan tahun lalu.

Al Shabaab adalah kelompok militan yang disebut bersekutu dengan Alqaidah. Washington telah memperluas operasi di negara Tanduk Afrika setelah Presiden AS Donald Trump melonggarkan aturan tahun lalu.

Sejak mundur dari ibu kota Mogadishu pada 2011, al Shabaab kehilangan kendali atas sebagian besar kota dan kota Somalia. Tetapi mereka mempertahankan kehadiran kuat di wilayah di luar ibu kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement