Selasa, 19 Rajab 1440 / 26 Maret 2019

Selasa, 19 Rajab 1440 / 26 Maret 2019

Begini Penampakan Modifikasi Mobil Gamal Abdel Nasser

Kamis 10 Jan 2019 18:58 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Nashih Nashrullah

Mobil Chevrolet 1958 kendaraan Gamal Abdel Nasser

Mobil Chevrolet 1958 kendaraan Gamal Abdel Nasser

Foto: Alarabiya
Kendaraan ini kerap ditumpangi Gamal selama mengunjungi Aswan.

REPUBLIKA.CO.ID, MESIR – Kementerian Sumber Daya Air Mesir meluncurkan kembali mobil bersejarah yang biasa digunakan oleh Presiden ke-2 Mesir, almarhum Gamal Abdel Nasser. Dahulu, mobil ini selalu ia gunakan selama kunjungannya ke Bendungan Aswan. 

Menteri Sumber Daya Air Mesir, Mohammed Abdel-Ati bersama dengan sejumlah pemimpin dari kementerian lainnya melakukan pengenalan terhadap mobil yang sering dikendarai Gamal dalam perjalanannya ke bendungan.

Kendati demikian, mobil tersebut telah menjadi milik insinyur bendungan Aswan, Mohammed Sudqi Suleiman. Pengenalan mobil itu sebagai persiapan untuk memajangnya di Museum Nil di Aswan Governorate, bagian selatan Mesir. 

Abdel-Ati mengatakan, mobil model Chevrolet 1958 itu telah mengalami perbaikan serta renovasi sebagai aset milik negara. 

photo

Penampakan mobil Gamal Abdel Nasser sebelum dimodifikasi/ Alarabiya

"Mobil itu akan ditampilkan di museum terbuka untuk semua pengunjung, dan akan dipromosikan sebagai karya bersejarah yang mewakili era pencapaian Mesir," ujar Abdel-Ati seperti dilansir Alarabiya, Kamis (10/1).  

Sebelumnya, ia mengatakan, mobil bekas itu dan akan dijual dengan harga super murah, terlepas dari nilai historisnya. Namun, kemudian ia menolak penjualannya begitu ia tahu dan memutuskan untuk memperbaikinya. 

Mobil itu ditampilkan bersama dengan beberapa perangkat keras yang digunakan untuk membangun Bendungan Aswan pada Rabu (9/1) lalu yang juga merupakan tanggal ulang tahun bendungan tersebut.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA