Rabu 19 Jun 2019 10:15 WIB

Istri Mursi Gambarkan Suaminya Sebagai Martir

Persiapan pemakaman Morsi dilakukan di rumah sakit penjara,

Rep: Riza Wahyu Pratama/ Red: Ani Nursalikah
Mantan presiden Mesir Muhammad Mursi.
Foto: AP Photo
Mantan presiden Mesir Muhammad Mursi.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Istri Muhammad Mursi, Naglaa Mahmoud, berkabung atas kematian suaminya. Ia menggambarkan, mantan presiden Mesir itu sebagai martir.

"Kami menganggap, suami saya, presiden Muhammad Mursi adalah martir," tulis Naglaa di Twitter, sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Selasa (18/6).

Baca Juga

Naglaa menambahkan, persiapan pemakaman Mursi dilakukan di rumah sakit penjara Tora di bagian selatan Kairo. Jenazah juga dishalatkan di masjid tahanan tersebut.

"Hanya keluarga yang diperbolehkan datang dan melakukan shalat jenazah. Mursi dikuburkan di makam para pemimpin Ikhwanul Muslimin di Kota Nasr, wilayah timur Kairo. Pemerintah menolak Mursi dimakamkan di tempat tinggalnya, di Delta Nil, Provinsi Sharqia," katanya.

Pada saat yang sama, hal itu juga dikonfirmasi oleh dua anak Mursi, Ahmed dan Abdullah. Pengacara Mursi, Abdel Monem Abdel Maqsoud juga menyatakan hal yang sama.

Di sisi lain, tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah Mesir dalam menyikapi pemakaman Mursi. Atas sedikitnya respons pemerintah, Turki, Qatar, Malaysia, dan PBB menyatakan belasungkawa atas meninggalnya Mursi. Selebihnya, tidak ada pernyataan resmi dari Mesir dan negara-negara Arab.

Pemimpin Ikhwanul Muslimin itu adalah presiden pertama yang terpilih secara demokratis pada 2012. Ia pingsan di pengadilan dan kemudian meninggal, Senin (17/6). Ia didakwa dengan tuduhan spionase.

Setelah menjabat selama setahun. Kemudian, ia digulingkan dalam kudeta militer berdarah yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan, Abdel Fattah el-Sisi.

Sebelum kematiannya, Mursi menghadapi sejumlah tuntutan hukum. Ia bersama beberapa kelompok hak asasi manusia dan pengamat independen menyatakanmursi tuntutan itu bersifat politis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement