Ahad 18 Mar 2018 03:00 WIB

Pengacara Trump Tuntut Bintang Film Dewasa

Pengacara Donald Trump menuntut ganti rugi sebesar 20 juta dolar AS.

Presiden AS Donald Trump.
Foto: AP
Presiden AS Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Firma hukum Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan perusahaan yang membayar bintang film dewasa Stormy Daniels sebesar 130 ribu dolar AS untuk bungkam menuntut uang ganti rugi. Dalam pengajuan pengadilan pengacara Trump menginginkan 20 juta dolar AS atas kerugian beberapa pelanggaran kesepakatan non-pengungkapan.

Dalam sebuah pengajuan hukum dengan Pengadilan Negeri AS untuk Distrik Pusat Kalifornia yang diumumkan pada Jumat (16/3), Grup Hukum Blakely juga meminta tuntutan oleh Daniels, yang berusaha membatalkan kesepakatan, untuk dipindahkan ke pengadilan distrik federal dari pengadilan negeri. Brent Blakely, yang mengajukan tuntutan atas nama Essential Consultants LLC dan Trump, tidak membalas permintaan untuk memberikan komentar.

Berdasarkan perjanjian non-pengungkapan, Daniels, yang nama aslinya Stephanie Clifford, dapat dikenai hukuman 1 juta dolar AS setiap kali kesepakatan tersebut dipatahkan. Daniels telah menuduh bahwa dia berselingkuh dengan Trump yang dimulai pada 2006 dan berlangsung beberapa bulan.

Michael Cohen, seorang pengacara pribadi untuk Trump, mengatakan bahwa dia membayar Daniels 130.000 dolar AS dari uangnya sendiri selama kampanye pemilihan presiden 2016. Cohen belum menjelaskan mengapa dia melakukan pembayaran dan belum mengatakan apakah Trump menyadarinya.

Pengacara Michael Avenatti, yang mewakili Daniels, mengatakan pada Jumat bahwa hal tersebut hanyalah taktik perundungan yang sama dari presiden dan Cohen, dan bahwa mereka sekarang berusaha untuk menyingkirkan kasus tersebut untuk meningkatkan peluang mereka yang masalah tersebut pada akhirnya akan diputuskan dalam arbitrase tertutup, di balik pintu tertutup, di luar pandangan publik dan pengawasan."

"Sederhananya - mereka ingin menyembunyikan kebenaran dari rakyat Amerika. Kami akan menentang usaha ini setiap saat," katanya.

Avenatti telah mengajukan tuntutan hukum di Los Angeles yang mengklaim bahwa Trump tidak pernah menandatangani perjanjian non-pengungkapan, membuatnya dibatalkan dan tidak berlaku. "Fakta bahwa seorang presiden yang sedang duduk mengejar lebih dari 20 juta dolar AS untuk kerusakan 'palsu' terhadap seorang warga negara, yang hanya mencoba untuk memberitahukan kepada publik apa yang sebenarnya terjadi, sungguh luar biasa," kata Avenatti.

Dalam sebuah surat kepada Cohen hari Senin, Daniels menawarkan untuk mengembalikan 130 ribu dolar AS ke rekening yang ditunjuk oleh Trump sehingga dia dapat terbebas dari kesepakatan tersebut, yang ditandatangani pada Oktober 2016. Cohen mengabaikan tawaran tersebut.

Pada Jumat pagi, Avenatti mengatakan kepada MSNBC dan CNN bahwa Daniels telah secara fisik terancam dan diperingatkan untuk tetap diam tentang hubungannya dengan Trump. Avenatti tidak akan memberikan rincian tentang ancaman tersebut. Dia mengatakan Clifford akan menguraikannya selama wawancara CBS "60 Minutes" yang akan disiarkan pada 25 Maret.

Dia mengatakan pada Jumat bahwa enam wanita telah menghubungi firma hukumnya untuk menjelaskan hubungan dengan Trump, dan keduanya telah menandatangani perjanjian non-pengungkapan.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement