Selasa 08 May 2018 10:29 WIB

Trump Segera Umumkan Sikap AS dalam Kesepakatan Nuklir Iran

Trump akan mengumumkan keputusan AS soal nuklir Iran hari ini.

Rep: Winda Destiana Putri./ Red: Nur Aini
Presiden AS, Donald Trump
Foto: thedailybeast.com
Presiden AS, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Donald Trump akan segera mengumumkan keputusannya apakah akan mendukung nuklir Iran atau justru sebaliknya. Pengumuman itu sebagai penentuan sikap Amerika Serikat terhadap masa depan nuklir Iran.

Dilansir AP, gedung putih sudah memberi isyarat bahwa Trump akan menarik diri dari perjanjian nuklir Iran yang telah disepakati 2015 lalu. Hal itu diprediksi mendapat respons negatif dari Teheran.

"Saya akan mengumumkan keputusan saya tentang Kesepakatan Iran besok dari Gedung Putih pada jam 2.00 siang," kata Trump dalam cuitannya di Twitter. Itu diartikan bahwa pada siang ini dia akan mengumumkannya kepada dunia.

Trump diminta untuk tetap berada di dalam perjanjian tersebut. Para pemimpin di Eropa mengatakan mereka secara terbuka bersedia untuk merundingkannya kembali bersama dengan Iran. Meski pada kenyataanya Iran tetap tidak ingin kesepakatan tersebut diubah.

Belum jelas apa yang akan diumumkan Trump hari ini. Apakah ia akan mendukung atau malah sebaliknya. Pada Senin (8/5), Presiden Iran Hassan Rouhani mencari dukungan agar kesepakatan tersebut tetap berjalan. Iran tidak akan meninggalkan keputusannya meski Trump menarik diri.

Pengamat mengatakan jika Trump menarik diri dari kesepakatan itu akan membuat posisinya sulit menghadapi Kim Jong un. Di mana nuklir Korea Utara jauh lebih maju ketimbang Iran. Itu menjadi semakin sulit merealisasi program denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement