Senin 18 Jun 2018 13:17 WIB

Aksi Tolak Kebijakan Pemisahan Keluarga Trump Digelar

Melania Trump bergarap para anggota parlemen bisa menyetujui reformasi imigrasi

Rep: Crystal Liestya Purnama/ Red: Bilal Ramadhan
Donald Trump
Foto: time.com
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, NEW JERSEY -- Ratusan orang bergabung dalam aksi unjuk rasa melawan kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memisahkan anak-anak dari orang tua mereka di perbatasan Meksiko. Seorang anggota Kongres dari Partai Demokrat juga turut serta dalam aksi dalam rangka peringatan Hari Ayah pada Ahad (17/6).

"Ini bukan siapa kita sebagai bangsa," kata Perwakilan Jerrold Nadler, salah satu dari tujuh anggota Kongres dari New York dan New Jersey yang bertemu dengan lima tahanan di dalam fasilitas tahanan.

Tiga di antaranya mengatakan memiliki kerabat muda yang dipisahkan dari mereka setelah mencari suaka di perbatasan. Aksi unjuk rasa di kota Elizabeth itu terjadi setelah munculnya berita-berita yang menyoroti terpisahnya keluarga.

Ini meningkatkan tekanan politik terhadap Gedung Putih, bahkan dari beberapa rekan Trump sendiri, dari Partai Republik. Wanita pertama, Melania Trump juga bergabung dalam perdebatan mengenai pemisahan anak-anak dari keluarganya.

"Melania Trump benci melihat anak-anak terpisah dari keluarganya," kata seorang juru bicara kepada CNN.

Melania berharap para anggota parlemen dari kedua belah pihak dapat menyetujui reformasi imigrasi. Ini merupakan pernyataan publik yang jarang terjadidari istri presiden mengenaimasalah kebijakan.

Dia memiliki platform Be Best, yang diluncurkan pada bulan Mei, didedikasikan untuk kesejahteraan anak-anak. Para pejabat AS mengatakan pada Jumat bahwa hampir 2.000 anak dipisahkan dari orang dewasa di perbatasan antara pertengahan April dan akhir Mei.

Pada bulan Mei, Jaksa Agung AS Jeff Sessions mengumumkan kebijakan "toleransi nol" di mana semua yang ditangkap memasuki AS secara ilegal. Termasuk mereka yang mencari suaka, akan dikenakan biaya kriminal, yang umumnya menyebabkan anak-anak dipisahkan dari orang tua mereka.

Para pejabat pemerintah telah membela, bahwa itu adalah taktik yang diperlukan untuk mengamankan perbatasan. Dikatakan itu sebagai langkah penghalang bagi imigrasi ilegal.

Kebijakan tersebut telah menarik kecaman dari para profesional medis, pemimpin agama dan aktivis imigrasi. Mereka memperingatkan bahwa beberapa anak dapat menderita trauma psikologis selamanya.

Anak-anak ditahan di fasilitas pemerintah, diberikan kepada sponsor dewasa atau ditempatkan di pengasuhan sementara. Di South Texas pada hari Ahad, beberapa anggota parlemen Demokrat, termasuk Senator Jeff Merkley, mengunjungi Pusat Pengelolaan Patroli Perbatasan di McAllen untuk menarik perhatian pada kebijakan tersebut.

Sementara perwakilan Beto O'Rourke, yang mencalonkan diri sebagai Senat AS di Texas, memimpin aksi protes. Mereka berbaris ke fasilitas penahanan sementara untuk anak-anak imigran yang didirikan di dekat El Paso.

"Ada pertanyaan terbuka tentang siapa kita sebagai orang Amerika," kata O'Rourke kepada para demonstran.

Ia menambahkan bahwa mereka harus menanggung beban apa yang sekarang kita ketahui sedang terjadi. "Saya ingin beban itu dirasakan begitu tidak nyaman bagi banyak dari kita sehingga memaksa kita untuk bertindak, itu menempatkan tekanan publik pada mereka yang berada di posisi kepercayaan publik dan kekuatan untuk melakukan hal yang benar untuk negara kita," kata O'Rourke, yang sedang berusaha untuk menggulingkan Senator Republik Ted Cruz.

"Tidak konsisten dengan nilai-nilai Amerika".

Beberapa anggota Republik moderat juga meminta Trump untuk menghentikan pemisahan keluarga. Senator Susan Collins dan Jeff Flake menulis kepada para pejabat Gedung Putih pada hari Sabtu untuk mencari informasi lebih lanjut tentang kebijakan tersebut.

"Ini tidak konsisten dengan nilai-nilai Amerika kami untuk memisahkan anak-anak ini dari orang tua mereka," kata Collins pada program CBS "Face the Nation" pada hari Ahad.

Trump telah berupaya untuk menyalahkan Demokrat, mengatakan dukungan mereka untuk meloloskan RUU imigrasi yang lebih luas akan mengakhiri perpisahan. Penasihat Gedung Putih Kellyanne Conway mengatakan pada NBC "Meet the Press" pada Ahad (17/6) lalu.

"Sebagai seorang ibu, sebagai seorang Katolik, sebagai seseorang yang memiliki hati nurani. Saya akan memberitahu Anda bahwa tidak ada yang menyukai kebijakan ini. Anda melihat presiden (katakanlah) di depan kamera bahwa dia ingin ini berakhir," tambahnya.

Demokrat telah menuduh Trump secara efektif mengubah anak-anak menjadi sandera politik untuk mengamankan langkah-langkah imigrasi yang lebih ketat, seperti pendanaan untuk dinding perbatasan AS-Meksiko. "Berhentilah membohongi rakyat Amerika. Ini adalah kebijakan Anda," kata Wakil Demokrat AS Hakeem Jeffries di New Jersey.

Dalam aksi unjuk rasa itu, anggota parlemen di Elizabeth menunggu sekitar 90 menit untuk mendapatkan akses ke fasilitas penahanan. Fasilitas penahanan itu dioperasikanoleh kontraktor swastauntuk pemerintah AS.

Sementara itu, Demokrat di Dewan Perwakilan AS akan memperkenalkan undang-undang pekan ini yang bertujuan untuk menghentikan pemisahan, mencerminkan RUU Senat serupa yang disponsori oleh Demokrat Dianne Feinstein. Tetapi tidak ada RUU yang memiliki banyak harapan untuk mendapatkan dukungan yang cukup di Kongres yang dikuasai Republik, apalagi bisa dipertahankan oleh veto Trump.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement