Sabtu 14 Jul 2018 16:21 WIB

Trump Yakin Bisa Berhubungan Baik dengan Putin

Trump dan Putin telah dijadwalkan bertemu di Helsinki, Finlandia, pada 16 Juli.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump saat KTT G20 di Hamburg, 7 Juli 2017.
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump saat KTT G20 di Hamburg, 7 Juli 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump cukup yakin bahwa dirinya dapat mengembangkan hubungan yang sangat baik dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Hal tersebut ia ungkapkan ketika menggelar konferensi pers bersama di kediaman Perdana Menteri Inggris Theresa May di Chequers, Jumat (13/7).

"Semoga kita akan memiliki hubungan yang sangat baik dengan Rusia. Saya pikir saya bisa memiliki hubungan yang sangat baik dengan Presiden Putin jika kita menghabiskan waktu bersama. Saya mungkin salah," kata Trump, dikutip laman kantor berita Rusia TASS.

Trump menilai isu tentang intervensi Rusia dalam pilpres AS tahun 2016 telah merusak normalisasi hubungan kedua negara. Ia menilai, penyelidikan terhadap kasus itu tetap tak berdasar.

Trump dan Putin telah dijadwalkan bertemu di Helsinki, Finlandia, pada 16 Juli. Dalam kesempatan tersebut, keduanya akan membahas sejumlah isu, antara lain tentang krisis Suriah, denuklirisasi di Semenanjung Korea, termasuk dugaan campur tangan Rusia dalam pilpres AS.

Sebelumnya Putin juga telah mengungkapkan harapannya bahwa pertemuan dengan Trump akan membantu memperbaiki hubungan bilateral Rusia dan AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement