Senin 12 Nov 2018 18:19 WIB

200 Orang Hilang Akibat Kebakaran Hutan di Kalifornia

Kobaran api telah membakar 111 ribu hektare lahan di sana.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas menggarap batas api di perbukitan di West Hills, Kalifornia, (12/11). Kebakaran hutan menghabiskan lahan seluas puluhan hektare.
Foto: AP
Petugas menggarap batas api di perbukitan di West Hills, Kalifornia, (12/11). Kebakaran hutan menghabiskan lahan seluas puluhan hektare.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA – Lebih dari 200 orang masih dinyatakan hilang akibat kebakaran hutan yang melanda Kalifornia, Amerika Serikat (AS). Kebakaran telah menyebabkan sedikitnya 31 orang tewas.

Menurut para pejabat, hingga Ahad (11/11) malam waktu setempat, kobaran api telah membakar 111 ribu hektare lahan di sana. Sebanyak 85,5 ribu hektare di antaranya berada di Kalifornia selatan. Di wilayah tersebut, api juga telah menghancurkan 177 bangunan.

Wilayah yang disebut Camp Fire, yakni sekitar 40 mil barat laut Sacramento, api melahap lebih dari 6.700 rumah dan tempat bisnis di kota Paradise. Jumlah bangunan yang hancur di sana merupakan yang terbanyak di antara wilayah lainnya.

Menurut otoritas setempat, sejauh ini, kebakaran telah menyebabkan 31 orang tewas. “Setidaknya 228 orang masih hilang,” kata Sherif Butte County Kory Honea.

Kebakaran yang meluas telah memkasa otoritas berwenang menerbitkan perintah evakuasi bagi seperempat juta orang di Ventura dan Los Angeles. Mereka yang tinggal di sekitar pantai Malibu termasuk warga yang diperintahkan mengevakuasi diri.

Para Pesohor Ikut Dievakuasi Akibat Kebakaran di Malibu

Para pejabat mendesak warga menaati perintah evakuasi tersebut. “Angin sudah bertiup. Mereka akan bertiup selama tiga hari ke depan. Rumah Anda dapat dibangun kembali, tapi Anda tidak dapat menghidupkan kembali kehidupan Anda,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Los Angeles County Daryl Osby.  

Sejumlah kalangan selebritis di AS meminta dan donasi kepada masyarakat AS untuk disumbangkan kepada mereka yang terdampak kebakaran hutan di California. “Ini adalah pekan yang sulit di rumah kami di Calabasas, Hidden Hils, dan tetangga kami di Thousand Oaks serta Malibu,” kata aktris Kim Kardashian.

Aktor Melissa McCarthy meminta masyarakat AS mendoakan mereka yang berada di wilayah-wilayah terjalar api. “Tolong jaga para korban, relawan, dan petugas pemadam kebakaran dalam pikiran Anda,” ujarnya. 

Gubernur Kalifornia Jerry Brown telah meminta Presiden AS Donald Trump mengumumkan bencana besar untuk meningkatkan tanggap darurat. Namun Trump justru melayangkan kritik pada pemerintah Kalifornia yang dianggap gagal mengelola hutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement