Rabu 14 Nov 2018 08:43 WIB

Trump 'Ditekan' Istrinya untuk Pecat Pejabat Gedung Putih?

Melania dikabarkan tak senang dengan Ricardel.

Rep: Marniati/ Red: Teguh Firmansyah
Melania Trump
Foto: AP
Melania Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan berada di bawah 'tekanan'  istrinya, Melania, untuk memecat wakil penasehat keamanan nasional, Mira Ricardel. 

Dua staf presiden mengatakan Trump sedang mempertimbangkan untuk memecat Mira Ricardel. Namun pada Selasa sore, Ricardel masih berada di kantornya.

Pihak Melania Trump  mengeluarkan pernyataan mengejutkan yang mengatakan bahwa Ricardel harus dipecat.  "Ini adalah posisi Kantor Ibu Negara bahwa Ricardel tidak lagi pantas mendapat kehormatan melayani di Gedung Putih ," kata Stephanie Grisham,  juru bicara Melania, dalam sebuah pernyataan singkat.

Grisham tidak memberikan pernyataan lebih lanjut terkait alasan Melania menginginkan Ricardel dipecat. Tetapi beberapa pejabat mengatakan hal itu terkait dengan perjalanan Melania ke Afrika pada  Oktober lalu.

Dua narasumber Gedung Putih mengatakan kepada kantor berita Reuters  Melania  mengeluh kepada Trump bahwa dia tidak senang dengan perlakukan Ricardel terhadap dirinya.

Ricardel merupakan mantan eksekutif Boeing Co yang masuk dalam tim kampanye  Trump dan dipilih oleh Penasihat Keamanan Nasional John Bolton untuk menjadi wakilnya awal tahun ini.

Sumber-sumber mengatakan  Melania Trump secara eksplisit meminta presiden untuk memecat Ricardel setelah perjalanan ke Afrika yang tidak berjalan dengan baik. Salah satu sumber mengatakan Melania merasa bahwa Ricardel mencoba untuk mempersingkat kunjungan Melania saat membahas alokasi sumber daya pemerintah untuk mendukung tur Afrika-nya.

Dewan Keamanan Nasional (NSC) tidak segera berkomentar. Ricardel tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders juga belum bereaksi terhadap pernyataan  ibu negara.

Sebuah sumber yang akrab dengan kinerja Gedung Putih  mengatakan Ricardel sering berselisih dengan banyak staf NSC. Ia semacam orang asing di departemen itu. Ricardel hanya akrab dengan Bolton. Ricardel juga diyakini memiliki ketidaksukaan terhadap Menteri Pertahanan Jim Mattis.

Salah satu sumber  di Gedung Putih mengatakan situasi di pemerintahan berada di titik krisis sekitar sebulan yang lalu. Saat ini upaya serius sedang dilakukan untuk meredakan perselisihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement