Selasa 19 Mar 2019 11:48 WIB

Oposisi Venezuela Ambil Alih Properti Negara di AS

Pemerintahan Donald Trump mendukung tindakan oposisi Venezuela tersebut.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Konsulat Venezuela di New York pada 15 Februari 2009.
Foto: AP
Konsulat Venezuela di New York pada 15 Februari 2009.

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Peemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido mengambil alih kendali atas tiga properti diplomatik negara itu di Amerika Serikat (AS). Utusan pemimpin oposisi, Carlos Vecchio mengatakan, oposisi telah menguasai dua gedung milik kementerian pertahanan Venezuela di Washington dan satu gedung konsuler di New York.

"Kami mengambil langkah ini untuk melestarikan aset Venezuela di negara ini," kata Vecchio, Selasa (19/3).

Baca Juga

Vecchio menambahkan, tidak menutup kemungkinan oposisi akan mengambil alih kedutaan Venezuela di Washington. Vecchio telah menurunkan foto Presiden Maduro dan menggantinya dengan foto Guaido di gedung-gedung yang telah diambilalih.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Venezuela meminta otoritas AS segera mengambil tindakan atas pendudukan paksa tersebut. Kementerian menyebut, pengambilalihan aset secara paksa ini telah melanggar hukum internasional mengenai perlindungan properti diplomatik.

Dalam pernyataan di Twitter, pemerintah Venezuela menyebut tindakan yang dilakukan utusan Guaido sebagai pelanggaran serius terhadap kewajiban internasional pemerintah AS dan mengancam bakal melakukan tindakan timbal balik di Venezuela. Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengonfirmasi pemerintahan Presiden Donald Trump mendukung langkah oleh oposisi Venezuela tersebut.

Vecchio menambahkan, atase militer Venezuela di Washington, Kolonel Jose Luis Silva, akan tetap berada di posnya. Silva yang sebelumnya mewakili Maduro, pada 26 Januari lalu beralih mendukung Guaido dan mengambil tawaran amnesti yang diberikan bagi personel militer yang menentang pemerintahan Maduro.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement