Senin 15 Apr 2019 11:45 WIB

Pemungutan Suara di San Fransisco Berlangsung Hingga Malam

Surat suara di TPSLN KJRI San Francisco terpakai 100 persen.

Pencoblosan di Pemilu 2019 (ilustrasi)
Foto: republika
Pencoblosan di Pemilu 2019 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Pemungutan suara secara langsung di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) KJRI San Francisco pada Sabtu (13/4) berlangsung hingga malam hari karena antusiasme masyarakat sangat besar.

Sejak dimulai pukul 08.00 pagi hingga selesai pukul 21.20 waktu setempat, total WNI yang memilih melalui TPSLN San Francisco berjumlah 423 orang dengan perincian 199 orang Daftar Pemilih Tetap (DPT), 87 orang Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan 137 orang Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Baca Juga

"Pemungutan suara oleh DPK dilaksanakan dari pukul 17.30 hingga surat suara habis, sehingga surat suara terpakai 100 persen," kata Kepala Sekretariat Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) San Francisco Susapto Anggoro Broto dalam siaran pers KJRI San Francisco, Senin (15/4).

Wilayah kerja KJRI San Francisco mencakup delapan negara bagian (state) di Amerika Serikat, yaitu Kalifornia bagian Utara, Nevada bagian Utara, Oregon, Washington State, Alaska, Idaho, Montana dan Wyoming. Dari delapan negara bagian tersebut tercatat jumlah pemilih yang masuk dalam DPT di San Francisco sebanyak 7.814 orang, termasuk diantaranya 3.949 anak buah kapal WNI yang bekerja di 15 kapal pesiar Holland America Lines (HAL).

PPLN San Francisco menggunakan tiga metode pemungutan suara, yaitu, metode TPS dengan DPT 288 orang, metode Pos 1 dengan pemilih para ABK WNI di HAL sebanyak 3.949 orang, serta Pos 2 dengan pemilih reguler untuk WNI bermukim sebanyak 3.577 orang. PPLN San Francisco telah menerima surat suara sesuai DPT ditambah dengan surat suara cadangan sebanyak 2 persen dari DPT sehingga total jumlah surat suara yang diperoleh PPLN San Francisco adalah 7.971 surat suara.

Kemungkinan habisnya kertas suara sudah diantisipasi oleh PPLN San Francisco dengan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengirimkan kertas suara ekstra lebih dari dua persen. Semua calon pemilih yang tidak terdaftar sudah diberitahu risiko kertas suara bisa habis dan memahaminya. Pelaksanaan Pemilu 2019 di TPS KJRI San Francisco telah berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement