Kamis 13 Jun 2019 20:12 WIB

Inggris Selidiki Penyerangan 2 Kapal Tanker di Teluk Oman

2 kapal tanker diserang di Teluk Oman oleh pihak misterius.

Kapal tanker di perairan internasional. Ilustrasi
Foto: .
Kapal tanker di perairan internasional. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI— Dua tanker dihantam dalam serangan yang diduga terjadi di Teluk Oman. Sementara awak kapal berhasil diselamatkan. Insiden ini terjadi setelah insiden serupa mengenai empat tanker di wilayah tersebut.

Operasi Perdagangan Laut Inggris, yang menjadi bagian dari Angkatan Laut Kerajaan, sebelumnya mengatakan pihaknya mengetahui ada insiden di Teluk Oman.

Baca Juga

"Inggris dan mitranya kini sedang melakukan penyelidikan," kata kelompok tersebut tanpa memberikan informasi lebih lanjut.

Daerah tersebut berada di dekat Selat Hormuz, jalur perairan strategis utama yang dilalui seperlima dari konsumsi minyak global dari produsen Timur Tengah.

Dua tanker, Front Altair berbendera Kepulauan Marshall dan Kokuka Courageous berbendera Panama, telah dievakuasi dan kru mereka berada dalam kondisi selamat, menurut empat sumber pada perusahaan pelayaran dan perdagangan.

Tidak ada konfirmasi langsung dari operator atau otoritas kapal di Oman maupun Uni Emirat Arab, pemilik perairan tempat empat tanker diserang bulan lalu.

Surat kabar perkapalanTradewinds melaporkan bahwa satu tanker milik Frontline Norwegia diserang oleh torpedo di lepas pantai Fujairah di Uni Emirat Arab. Pihaknya mengutip sumber industri yang tak disebutkan namanya.

Frontline tidak dapat dihubungi dimintai komentar.

Satu broker pengiriman mengatakan ada sebuah ledakan yang diduga berasal dari serangan luar yang mungkin melibatkan bahan peledak magnetik yang terdapat pada Kokuka.

"Semua kru meninggalkan kapal dengan selamat dan dievakuasi dengan Vessel Coastal Ace. Kokuka Courageous hanyut tanpa ada kru di dalamnya," kata sumber itu.

    

 

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement