Ahad 29 Jun 2014 13:58 WIB

Korut Tembakan Rudal Jarak Pendek

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Rudal Korea Utara (ilustrasi)
Foto: AP
Rudal Korea Utara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG – Korea Utara kembali menembakkan dua rudal jangka pendeknya di perairan sebelah timur. Menurut pejabat Korea Selatan, tembakan rudal tersebut merupakan salah satu serangan terbaru menjelang kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke Korea Selatan.  

Dilansir dari Aljazeera, pejabat Kementerian Pertahanan, mengatakan rudal tersebut ditembakan dari Wonsan pada Ahad dan merupakan rudal jangka pendek. Pejabat tersebut mengatakan Korea Utara menembakkan rudal tanpa menunjuk zona larangan berlayar. Militer Korea Selatan pun menilai tindakan ini sangat provokatif.

Korea Utara secara rutin menembakan uji coba rudal dan artilerinya untuk menunjukan kemarahannya dalam berbagai perkembangan terbaru di Seoul dan Washington. Dalam beberapa akhir ini, Korea Utara mengkritisi dugaan latihan Korea Selatan menembakkan artilerinya di dekat perbatasan laut yang disengketakan di Laut Kuning.

Rudal yang ditembakkan pada Ahad ini dilakukan sebelum para pemimpin sekutu utama Korea Utara, Presiden Cina Xi Jinping, bertemu dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye. Seoul dan Beijing telah lama menekan Korea Utara untuk meninggalkan ambisi senjata nuklirnya.

sumber : Aljazeera
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement