Rabu 05 Jun 2013 10:04 WIB

Coba Taklukan Everest, Pendaki Malaysia Tewas

Pemandangan kamp di depan puncak Gunung Everest
Foto: AFP
Pemandangan kamp di depan puncak Gunung Everest

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Seorang pendaki Malaysia peserta ekspedisi menaklukkan Gunung Kala Patthar dan Everest Base Camp tewas dan seorang lagi dalam kondisi kritis akibat "acute mountain sickness" (AMS). Media lokal, Rabu (5/6) melaporkan, korban tewas Mohammad Shahrulnizam Ahmad Nazari (25 tahun) dan korban kritis Mohd Yazrul Ekhzan Yahya.

Ekspedisi tersebut diikuti 11 pendaki lelaki dan tiga wanita mewakili Kelab Rekreasi Sukan dan Kebajikan PPj (KRISPutra), dimulai pada 27 Mei dan dijadualkan tiba kembali ke Tanah Air pada 10 Juni. Wakil Ketua Pengarah Komunikasi Korporat PPj, Zaharah Salamat, mengatakan pihaknya menerima informasi tersebut dan telah mengambil langkah untuk membawa turun korban ke Kathmandu.

"Namun usaha membawa korban untuk mendapat rawatan gagal karena cuaca buruk dengan awal tebal menghalang penerbangan helikopter ke lokasi insiden. Klinik di Phericche juga telah ditutup karena musim pendakian utama telah berakhir," katanya.

AMS sering menyerang pendaki gunung karena kadar oksigen yang rendah serta tekanan udara yang semakin menurun apabila seseorang berada di ketinggian, selain cuaca yang sangat dingin. Keadaan itu akan mempengaruhi sistem saraf, paru-paru serta jantung, dan bisa berakibat fatal.

Zaharah mengatakan, hingga saat ini belum bisa dipastikan kapan korban akan dibawa keluar dari Phericche ke Kathmandu. "Akibat insiden ini semua pendaki ekspedisi ini telah membatalkan rencana ke Everest Base Camp dan saat ini telah selamat tiba di Lobuche," katanya. Sebelumnya, pada April, seorang pendaki Malaysia juga tewas saat mencoba mendaki Gunung Everest melalui Tibet.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement