Rabu 27 Nov 2013 10:32 WIB

Tim Jupiter Aerobatik TNI AU Indonesia Tampil di Brunei

Rep: Heri Purwata/ Red: Julkifli Marbun
Tim Aerobatik Jupiter TNI AU
Foto: blogspot.com
Tim Aerobatik Jupiter TNI AU

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- The Jupiters Aerobatik Team (JAT) Angkatan Udara Indonesia akan beraksi di Brunei Darussalam International Defence Exhibition (Bridex) 2013, Rabu (27/11), tim ini berangkat dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

Menurut Kepentak Lanud Adi Sucipto, Mayor Sus Hamdi Londong Allo, Bridex merupakan pameran kedirgantaraan dan akan berlangsung 5-6 Desember 2013. Jupiter akan membawa enam pesawat KT-1B dengan warna merah putih.

"Di ajang ini, kita bisa mempromosikan kemampuan produk-produk maritim dan kedirgantaraan dan targetnya pasar Asia Pasifik di bidang pertahanan," kata Londong di Yogyakarta, Rabu (27/11).

Dalam pameran ini, lanjut Londong, Tim Jupiters akan menampilkan manuver akrobatik udara dengan berbagai formasi. Di antaranya, Jupiter Roll, Arrow Head Loop-Break Off, Half Cuban-Jupiter Wheel, Tango to Diamond Loop, Heart, Screw Roll, Roll Slide, Solo Spin, Jupiter Roll Back.

Tim Aerobatik Jupiter ini merupakan generasi ketiga. Tim ini awalnya dibentuk tahun 1997 yang dibentuk dengan enam pesawat HS Hawk Mk-53 buatan Inggris. Kemudian tahun 2001, tim Jupiter berubah nama menjadi Jupiter Blue dengan ditambah tiga pesawat yaitu HS Hawk Mk-53, Hawk 109 dan F-16 Fighting Falcon. Sedang tahun 2011, Jupiter Aerobatik tampil menggunakan enam pesawat KT-1B.

JAT, kata Londong, merupakan kebanggaan Indonesia. "Tim Aerobatik sebuah negara merupakan salah satu indikator profesionalisme TNI AU," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement