Jumat 23 Feb 2018 17:28 WIB

Ivanka Trump Pimpin Delegasi AS ke Penutupan Olimpiade

Muncul spekulasi Ivanka akan bertemu dengan utusan Korut.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Ivanka Trump.
Foto: ABC News
Ivanka Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Ivanka Trump tiba di Korea Selatan (Korsel) pada Jumat (23/2) untuk memimpin delegasi AS dalam upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang. Ini merupakan kunjungan pertama Ivanka ke Korsel sejak ayahnya Donald Trump menjadi presiden AS.

Kedatangannya di bandara disiarkan langsung di stasiun TV setempat. Ivanka hari ini dijadwalkan akan menghadiri jamuan makan malam dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di kompleks kepresidenan.

"Suatu kehormatan bagi saya untuk bisa datang ke sini. Saya sangat, sangat bersemangat untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin 2018 dan menyemangati tim AS," ujar Ivanka.

Media Korsel mengatakan, Presiden Moon akan menekankan pentingnya perundingan antara AS-Korea Utara (Korut) saat makan malam bersama Ivanka dan anggota delegasi AS lainnya. Moon berharap, Olimpiade dapat menjadi jalan damai di Semenanjung Korea yang telah terpecah belah.

Meski Olimpiade telah membuka jalan pendekatan yang tepat antara kedua Korea, AS dan pejabat Korut belum melakukan kontak langsung. Awal pekan ini, pemerintah AS mengatakan Wakil Presiden Mike Pence akan bertemu dengan pejabat Korut dalam kunjungannya ke Korsel untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade, namun Korut kemudian membatalkannya.

 

Baca juga, Korut Kirim Delegasi Tingkat Tinggi ke Penutupan Olimpiade.

 

Delegasi Korut juga akan menghadiri upacara penutupan Olimpiade, tetapi pemerintah Korsel mengatakan tidak akan ada pertemuan antara delegasi itu dengan Ivanka. Sebelumnya telah muncul spekulasi, Ivanka akan membawa pesan dari Presiden Trump untuk delegasi Korut.

Untuk saat ini, memang belum ada tanda-tanda Ivanka Trump akan bertemu dengan Kim Yong-chol, wakil ketua Komite Sentral Partai Pekerja Korut, yang juga akan menghadiri upacara penutupan Olimpiade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement