Sabtu 17 Mar 2018 01:31 WIB

Wajah Jokowi Menghiasi Koran-Koran Australia

Wajah Presiden Jokowi menghiasi halaman muka empat harian terkemuka di Australia.

Presiden Jokowi di halaman muka media-media Australia.
Foto: tangkapan gambar.
Presiden Jokowi di halaman muka media-media Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan wartawan Republika, Stevy Maradona dari Australia.

SYDNEY -- Wajah Presiden Indonesia Joko Widodo menghiasi halaman muka empat harian terkemuka di Australia pada Jumat (16/3). Jokowi akan menghadiri konferensi tingkat tinggi para pemimpin negara ASEAN bersama pemimpin Australia mulai akhir pekan ini.

Keempat media besar yang memasang foto Jokowi di halaman mukanya adalah The Age, Sydney Morning Herald, Australia Financial Review, dan Canberra Times. Keempatnya adalah media dari Grup Fairfax, salah satu grup media terkemuka di Australia.

photo
Presiden Jokowi jadi pemberitaan media-media Australia.

Dalam beritanya, keempat media itu menyinggung hal yang sama, yakni bila Australia masuk menjadi anggota ASEAN. The Age dengan berita utama berjudul, 'Jokowi opens door to ASEAN', sementara The Canberra Times mengusung tema 'ASEAN Opening' terkait pertemuan yang akan dihadiri Jokowi.

Harian Australia Financial Review memajang judul, 'Widodo Seeks deeper, closer ties with Australia'. Harian ini juga menampilkan wawancara eksklusif dengan Jokowi. Wawancara berlangsung di Banten, beberapa hari sebelum Jokowi berangkat ke negeri kangguru itu.

(Baca Juga: RI-Australia Sepakati Rencana Aksi Maritim Bersama)

Terakhir, koran Sydney Morning Herald menaikkan judul 'Door into ASEAN opens', dan memajang foto Jokowi bersarung menemui warga di daerah.

photo
Presiden Jokowi jadi pemberitaan media-media Australia.

Seperti dilaporkan wartawan Republika dari Sydney, Stevy Maradona, Presiden Jokowi tiba pada Jumat sore waktu setempat. Presiden didampingi rombongan besar menteri dan pejabat negara. Ibu Iriana Widodo mendampingi. Menteri yang ikut seperti Menteri Perdagangan Enggartiaso Lukita, Menko Polhukam Wiranto, dan Menhan Ryamirzard Ryacudu serta Menlu Retno MArsudi yang sudah hadir sehari sebelumnya di Sydney.

Tiba di Sydney, Presiden disambut meriah sejumlah pelajar Indonesia di Bandara Kingsford. Presiden dan rombongan menginap di Hotel Four Seasons, yang berdekatan dengan situs bersejarah kota tua Sydney, jembatan terkenal Harbour Bridge, dan gedung opera yang ikonik Sydney Opera.

Pada Jumat malam Presiden dijadwalkan menghadiri makan malam di kediaman Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull. Dalam opininya yang dimuat di harian The Age dua hari lalu, Perdana Menteri Turnbull mengatakan ASEAN adalah mitra terpenting Australia di kawasan. Karena itu mengamankan kerja sama yang saling mengutungkan adalah vital bagi kawasan ASEAN Pasifik.

photo
Presiden Jokowi jadi pemberitaan media-media Australia.

Pada Sabtu pagi Presiden dijadwalkan beramah tamah dengan jumlah pelajar Muslim di Sydney. Dalam acara yang dikemas santai ini, Presiden akan menemui para pelajar yang sudah bermukim di Sydney maupun sejumlah pelajar yang dibawa Kementerian Luar Negeri untuk menghadiri acara pendahulu ASEAN-Australian Special Summit 2018.  Pada Sabtu siang, Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Turnbull dijadwalkan menjadi pembicara di forum pebisnis Australia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement