Ahad 13 May 2018 17:35 WIB

Korut Berencana Tutup Situs Uji Coba Nuklirnya

Tanggal pasti penutupan akan tergantung pada kondisi cuaca.

Rep: Marniati/ Red: Citra Listya Rini
Nuklir Korea Utara.
Foto: Reuters/Damir Sagolj
Nuklir Korea Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG  —  Korea Utara (Korut) mengumumkan akan menutup situs uji coba bom nuklirnya pada 23 dan 25 Mei mendatang.

Media negara Korut, KCNA melaporkan Badan Resmi Pusat Baru Korea mengatakan pembongkaran lahan uji coba nuklir Punggye-ri akan menyebabkan runtuhnya semua terowongan akibat ledakan. 

Ini juga membuat tertutupnya akses pintu masuk dan menghapus semua fasilitas observasi, bangunan penelitian dan pos keamanan.

"The Nuclear Weapon Institute dan lembaga-lembaga terkait lainnya mengambil langkah-langkah teknis untuk membongkar uji coba nuklir Korut untuk memastikan transparansi penghentian uji nuklir," kata KCNA, Ahad (13/5).

Para wartawan, termasuk dari ASdan Korsel akan diundang untuk meliput pembongkaran tersebut. Ini untuk menunjukkan secara transparan pembongkaran uji coba nuklir Korut yang akan dilakukan. "Tanggal pasti penutupan akan tergantung pada kondisi cuaca," tulis KCNA. 

"Korut telah mengumumkan bahwa mereka akan membongkar Situs Uji Coba Nuklir bulan ini, menjelang Pertemuan Puncak besar pada 12 Juni.Terima kasih, sikap yang sangat cerdas dan ramah! Terima kasih, sikap yang sangat cerdas dan ramah!," tulis Trump di akun Twitter-nya.

Korea Selatan (Korsel) juga ikut mengomentari rencana Korut ini.Kantor kepresidenan Korsel mengatakan rencana ini menunjukkan bahwa Pyongyang bersedia untuk denuklirisasi.

Namun, Korut tidak menunjukan indikasi bahwa negaranya bersedia untum denuklirisasi dengan meninggalkan program senjata nuklir yang dianggap penting oleh pemimpin Korut.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement